Widget HTML Atas

Room Messenger Facebook Sekarang Dapat Di Buat di Instagram

Facebook Room Messenger

Facebook Messenger Rooms, merupakan opsi video call yang dapat digunakan oleh 50 orang ini sekarang sudah dapat di luncurkan dari inbox instragram direct. Messenger Rooms baru saja diluncurkan bulan lalu sebagai bagian dari ekspansi untuk mempercepat kemampuan video Facebook. Dirancang untuk hangout berbasis web yang spontan, Ruang Pesan ini dapat dibuat dan dibagikan bagi siapa saja yang ingin bergabung.

Berbeda seperti halnya pada penggilan video biasa, yang umumnya memerlukan undangan langsung terlebih dahulu, Ruang Pesan atau room messenger ini  dapat digabung dengan mengeklik tautan yang dibagikan, hal ini lah yang membuat room messenger ini lebih kasual daripada opsi obrolan video (Video Call) lainnya.

Dengan kapasitas peserta yang dapat mencapai 50 pengguna untuk bergabung di room messenger ini secara bersamaan. Pengguna dapat keluar masuk saat panggilan berlangsung yang berarti room messenger ini berpotensi menyebabkan ratusan orang melewatinya.   

Membuat Room Messenger Facebook Dengan Instagram

Pada awalnya Facebook meluncurkan aplikasi room messenger itu hanya bisa dilakukan di room messenger facebook itu sendiri, akan tetapi sekarang facebook mengembangkanya agar dapat dijalankan juga di Instagram, hal ini dilakukan untuk  mempercepat pengadopsian fitur facebook.

Room Messenger Facebook

Pada saat pengguna memilih video chat pada pesan langsung diinbox Instragram, pengguna sekarang akan disuguhkan opsi atau pillihan untuk membuat room messenger. seperti tampilan gambar dibawah ini : 



Setelah mengetuk ‘Create Room’ untuk membuat room, pengguna dapat mengundang siapa saja untuk bergabung. Dan mereka yang diundang untuk bergabung akan menerima tautan melalui pesan langsung. Mereka kemudian dapat bergabung dengan panggilan jika mereka mau, dan juga mengundang orang lain untuk bergabung dengan membagikan tautan yang sama.

Sekali lagi, Room Messenger dirancang untuk menciptakan kembali sifat spontanitas dari kehidupan nyata saat sedang berkumpul, yang sama halnya ketika kita berkumpul secara nyata tentunya ada batasan minimal mereka untuk bisa disebut sebagai berkumpul dan mereka juga bisa bisa keluar-masuk terserah mereka.

Room Messenger Masih Di-Host Di Messenger

Pembaruan untuk Room Messenger ini menyediakan cara baru bagi orang-orang untuk memulai panggilan video grup, tetapi panggilan sebenarnya masih terjadi di aplikasi Messenger. Pengguna Instagram harus beralih ke Messenger untuk berpartisipasi dalam obrolan video.


Perubahan yang terjadi terhadap cara kerja room messenger tidak terlalu mendasar, namun perubahan ini diharapkan akan dapat membantu untuk mengeluarkan fitur baru didepan orang banyak. Ini juga dapat berguna jika ada orang yang terhubung dengan anda di Instagram tetapi tidak menjalin pertemanan di Facebook. Anda sekarang dapat membuat obrolan video santai dengan koneksi Instagram anda dengan cepat.

Room Messenger dapat digabungkan ke Instagram anda walaupun anda tidak memiliki akun Facebook, jadi tidak akan ada seorang pun yang akan bisa mencegah untuk bergabung dalam room messenger jika sudah dilakukan  di Instagram.

Obrolan Video Grup Naik 1.000%

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan selama penggunaan panggilan video group ini pendapatan perusahaan naik mencapai 1.000%.  Selama masa pandemi covid-19 facebook mengalami lonjakan untuk penggunaan obrolan video, hal ini dikaitkan dengan banyaknya orang-orang yang menghabiskan waktu mereka di rumah dan melakukan pekerjaan dari rumah - WFH. 

Selain obrolan video facebook juga mengalami lonjakan untuk penggunaan live streaming atau siaran langsung bagi pengguna yang ingin membagikan aktifitasnya selama pandemi covid-19. Pada bulan maret lalu facebook sendiri menyatakan akan menghentikan proyek-proyek lain untuk memprioritaskan dan fokus pada pengembangan live streaming. Facebook memprediksikan bahwa akan lebih banyak menerima pembaruan untuk kemampuan video facebook termasuk mengembangan lebih banyak cara untuk menghasilkan uang dari konten berbasis video.