Meningkatkan Trafik Website Dengan 27 Cara Berikut Ini

Cara meningkatkan trafik website


Meningkatkan trafik website adalah strategi bagi semua webmaster untuk mendapatkan posisi utama pada mesin pencarian, banyak strategi dan cara yang dilakukan pada teknik SEO Onpage ini, namun demikian, keberhasilan yang dicapai oleh masing-masing webmaster berbeda-beda satu sama lainya sehingga mereka akan saling mengklaim pada postingan blog mereka bahwa strategi yang benar adalah sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan dan mereka lakukan.

Bagi anda seorang blogger pemula yang sedang mencari cara dan strategi yang tepat untuk meningkatkan trafik blog atau website yang anda bangun tentunya akan kebingungan jika membaca tutorial dan artikel yang banyak beredar di internat terkait pencarian kata kunci yang anda masukan. Nah..!!, untuk menyikapi hal tersebut anda harus open minded menerima semua saran dan masukan dari mereka, karena mereka memberikan tips dan saran sesuai dengan pengalaman yang telah mereka lakukan. Yang harus anda lakukan adalah kombinasikan teknik dan cara-cara mereka dalam optimasi SEO.

Terkait usaha untuk meningkatan trafik website berikut saya juga akan memberikan tips bagaimana agar usaha meningkatkan trafik website anda bisa berhasil mendapatkan posisi pertama di google atau mesin pencarian lain. Berikut 27 Cara Meningkatkan Trafik Website anda: 

1. Menjadi Penulis Tamu Dengan Metode Terbalik

Menjadi penulis tamu atau blogger tamu menurut Brian Dean salah seorang pakar SEO, dikatakanya bahwa strategi ini sangat efektif untuk meningkatkan trafik website anda. akan tetapi dengan syarat menggunakan teknik penulisan dengan metode terbalik, Apa itu metode penulisan terbalik?, 

Dalam struktur tulisan piramida terbalik posisi “fondasi” berada di atas. Artinya, struktur ini mengisyaratkan kita untuk meletakkan isi terpenting di bagian paling awal tulisan. Jadi, posisinya di di paragraf pertama, atau di kalangan jurnalis dikenal dengan istilah lead. Untuk tujuan mendapatkan tautan atau link ke website anda, maka yang harus anda lakukan dalam penulisan metode terbalik adalah, memberikan tautan atau link pada awal paragraph dan paragraph kedua, sehingga dengan demikian anda sudah menguatkan pondasi diawal bukan diakhir. 

Mengapa kita harus memberikan tautan link pada paragraph awal dan paragraph kedua dalam sebuah tulisan?, hal tersebut penting dilakukan karena kita tidak tahu apakah pembaca tulisan kita akan menyelesaikan sampai akhir atau tidak, ini untuk menjaga-jaga jika ternyata pembaca tidak sampai selesai membacanya kita sudah mendapatkan klik tautan dari mereka diawal paragraph.

Anda jangan berharap banyak ketika tautan atau link nama yang tercantum sebagai bio pada akhir postingan atau tulisan akan memberikan pengaruh trafik yang signifikan, anda salah besar jika masih beranggapan seperti itu, karena pada kenyataanya orang yang membaca postingan anda akan melewatkan profil atau bio yang anda cantumkan, hal ini tentunya akan menjadi sesuatu yang sia-sia jika anda terus mempertahankan metode seperti ini.

Berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk metode penulisan tebalik: 
  1. Menulislah seperti biasanya, selayaknya anda menulis untuk materi atau konten yang akan anda publish sebagai seorang penulis tamu.
  2. Selanjutnya Masukan sumber tautan atau link yang mempermudah pembaca untuk menemukan referensi topik
  3. Terakhir sertakan konten milik anda pribadi sebagai tautan sumber daya yang dapat membantu mereka.
Dengan memasukan tautan atau link anda sebagai salah satu sumber daya yang ditawarkan kepada pembaca hal ini akan sangat memungkinkan pembaca juga mengklik tautan anda. sehingga anda mendapatkan trafik dari postingan anda sebagai penulisa tamu.

2. Periksa Kembali Postingan Lama Anda

Jika anda merasa harus membuat postingan baru, maka ada kegiatan lain yang harus anda pertimbangkan untuk dijadikan prioritas dalam kegiatan blogging anda. Yah..!, anda harus mencoba untuk memeriksa kembali postingan lama anda yang mungkin sudah tidak up to date, dan anda akan menjadikan postingan tersebut sebagai postingan yang terupdate. 

Berikut langkah-langkah untuk meningkatkan postingan lama anda yang sudah tidak lagi up to date: 
  1. Cari dan Temukan postingan yang sudah kadaluarsa, baik dari segi tanggal postingan maupun dari topik dan relevansi kontenya.
  2. Perbaiki dan perbaharui konten yang sudah expired, sesuaikan dengan topik yang masih relevan dan kekinian
  3. Upload Ulang postingan tersebut dan selesai.
Sangat mudah bukan?, sekarang konten anda sudah selesaai di perbaharui, tidak ada satu jam untuk melakukan proses editing konten ini, Insha Allah anda akan lebih banyak mendapatkan trafik dengan cara ini daripada anda harus capai-capai menerbitkan postingan yang baru. 

3. Gunakan Tautan Sosial Media Sharing

Ini juga merupakan cara terbaik agar konten atau artikel ini mendapatkan banyak engagement dari sosial media anda khususnya di twitter. Membuat konten yang berkualitas saja masih belum cukup, usaha lain yang harus anda lakukan adalah anda juga perlu aktif untuk mensosialisasikan konten yang and buat kepada audiens anda.

Jika anda membagikan (Share) konten anda di situs media sosial seperti Facebook dan Twitter, akan sangat memungkinkan website anda mendapatkan audience yang baru. Terlebih jika postingan konten anda memiliki kualitas yang bagus, pastinya postingan anda bisa mendapatkan lebih banyak share dan tidak menutup kemungkinan konten anda bisa viral.

Jika anda menganggap dan yakin bahwa konten anda berkualitas sehingga tidak perlu membgai karena yakin akan berjalan organik maka anda salah besar justru konten yang paling baik pun harus dibagi dan dipromosikan ke kanal atau saluran saluran penghasil trafik, salah satu caranya adalah sharing ke media sosial.

4. Optimalkan Kata Kunci LSI

Algoritma google berubah sejak dimunculkan update Google Hummingbird, dan ini mempengaruhi 90% hasil pencarian di mesin pencarian, google menginginkan konten yang mengandung relevansi kata kunci, untuk itulah google menerapkan LSI (Latent Semantic Indexing) yaitu suatu cara yang digunakan algoritma google untuk menunjukan artikel konten yang relevan dengan kata kunci yang dicari pada mesin pencarian.

Dengan penerapan konsep LSI pada algoritma yang diperbaharui, google sekarang dapat mengerti apakah keyword atau kata kunci yang dipasang sesuai dengan topik dari suatu konten atau tidak. Lalu apa itu kata kunci LSI?.  LSI Keyword atau kata kunci LSI merupakan kumpulan kata kunci yang ditemukan di satu topik tertentu dan saling berhubungan secara semantik.

Misalnya, ketika anda mengetikan sesuatu pada google biasanya akan muncul kata-kata atau konten yang berhubungan dengan kata kunci yang anda ketik sebelumnya. Contoh ketika anda mengetik kata kunci atau keyword "Toko Bunga Online" pada kotak pencarian google, maka google akan menampilkan kata kunci lain yang masih berhubungan dengan topik tersebut seperti gambar berikut:


Nah..!, dari kata kunci turunan tersebut atau Keyword LSI yang muncul anda bisa memaksimalkanya, silahkan anda simpan atau catat sebagai bahan pengembangan kata kunci lain dalam pembuata konten website anda.

5. Transformasi Konten

Adakalanya pembaca atau pencari informasi menginginkan penjelasan suatu konten dengan format atau bentuk lain yang mudah dipahami dan dimengerti dan tidak monoton berupa postingan artikel yang konvensional. Untuk itulah anda harus memulai memikirkan cara yang tepat agar konten yang anda sampaikan bisa mudah dipahami oleh audiens anda. 

Melalui transformasi konten anda bisa mengkonversikan atau merubah konten yang anda posting di website anda kedalam format lain untuk menjelaskan detail konten yang anda buat. Anda bisa memberikan penjelasan konten tersebut kedalam bentuk video youtube, Podcast, eBook atau Inforgrafis, yang intinya konten anda agar dapat dipahami.

6. Membuat Konten Podcast

Aplikasi yang satu ini memang sedang ngetrend digunakan oleh banyak orang saat ini, sebenarnya Podcast sendiri sudah ada sejak tahun 2005 namun di Indonesia sendiri baru banyak digunakan oleh penggunanya 10 tahun setelah itu, Banyak orang menganggap bahwa podcast itu merupakan aplikasi radio online, memang benar podcast seperti layaknya siaran radio, karena kesamaan yang mendasar adalah sama-sama merupakan rekaman suara dalam bentuk audio. 

Perbedaan Podcast dengan radio adalah, jika kita di radio hanya menyajikan program acara yang sudah ditentukan. lain halnya dengan Podcast yang memiliki banyak kategori yang dapat didengarkan kapan saja oleh pendengarnya. Inilah perbedaanya. Podcast sendiri merupakan istilah dari iPod dan Broadcasting dimana iPod merupakan produk Mac yang menyediakan layanan audio seperti Mp3.

Lalu bagaimana anda jika ingin membuat Podcast untuk meningkatkan konten anda?, seperti pembahasan sebelumnya mengenai Transformasi Konten podcast sendiri merupakan bagian dari hal tersebut. Untuk membuat konten podcast ini tidak asal merekam suara kemudian anda simpan dan anda publish ke website anda, anda harus mengikuti langkah-langkah berikut: 
  1. Menentukan Topik. Sebelum memutuskan untuk membuat podasct terlebih dahulu yang harus anda lakukan adalah memilih topik yang akan dijadikan pembahasan dalam sebuah rekaman audio, anda bisa memilih topik yang sesuai dengan tema konten pada website anda. misalnya konten tentang, musik, olahraga, kesehatan atau pendidikan. Anda juga harus menentukan siapa target pendengar podcast anda?, kemudian anda cari tahu apa yang kira-kira akan menjadi pertanyaan pendengar anda? hal-hal ini akan membantu anda dalam menentukan topik Podcast yang akan anda buat.
  2. Menyiapkan Alat, Untuk menghasilkan audio atau suara yang bagus, anda harus mempersiapkan alat atau perlengkapan untuk membuat podcast anda, Anda bisa menggunakan Smartphone anda untuk merekam suara, akan tetapi karena podcast yang anda buat akan didengarkan oleh banyak orang maka anda perlu mempertimbangkan untuk penggunaan alat tambahan lain untuk mensupport podcast anda. Sebaiknya anda gunakan alat seperti Tafware Mic, atau menggunakan microphone yang ada di laptop anda.
  3. Proses Pembuatan Podcast, Buatlah naskah mengenai topik pembahasan apa yang akan anda kupas. Disamping itu, aturlah bagaimana backsound yang akan mengiringi untuk dijadikan transisi antar pembahasan. Buatlah perkiraan durasinya untuk mengurutkan konten. Mulailah rekam apa yang akan menjadi pembahasan. Pastikan pada proses perekaman tidak ada suara lain yang mengganggu, Anda bisa menggunakan ruangaan yang memiliki peredam suara agar terhindar dari gangguan suara lain.
  4. Mengedit Rekaman, Setelah selesai melakukan proses perekaman langkah selanjutnya adalah anda harus mengedit rekaman tersebut untuk mendapatkan hasil dan kualitas audio yang baik, pada proses pengeditan ini anda memperhatikan hal-hal apa saja atau bagian mana saja yang perlu diedit. Anda bisa menghapus bagian yang salah, mengedit jeda yang terlalu lama, menambahkan efek suara atau backsound, mengkonversi format audio, menambahkan meta tag, nama artis, no track, dan sebagaianya. Anda bisa menggunakan software Audacity. untuk mengedit audio ataupun merekam audio dengan komputer. Anda dapat menggunakan software tersebut di Linux, Mac, maupun Windows secara gratis.
  5. Membuat Cover, Langkah selanjutnya setelah proses pembuatan dan pengeditan selesai adalah membuat cover untuk konten podcast anda. Disini anda bisa membuat cover podcast dengan aplikasi untuk mengolah gambar agar hasilnya lebih maksimal. Hal penting yang harus Anda perhatikan yaitu ukurannya dan resolusi gambar.
  6. Mempublish Konten Podcast, Langkah terakhir adalah mempublish atau upload podcast anda ke webhosting, untuk bisa diakses atau didengarkan oleh banyak orang, anda dapat mempromosikanya ke berbagai kanal atau saluran penghasil trafik website, bisa melalui optimasi SEO, sosial media, email marketing atau media lainnya.

7. Promosi Melalui Blogger Outreach (Endorsement Blogger)

Cara meningkatkan trafik website yang lain adalah dengan menghubungi atau melakukan kontak dengan blogger outreach untuk memasang tautan konten website anda. Blogger Outreach merupakan blogger yang sudah memiliki pengaruh besar dengan jangkauan yang cukup luas untuk topik-topik tertentu. Nah..!, melalui Blogger Outreach inilah anda bisa mencoba mempromosikan konten website anda agar mendapatkan banyak visitor sehingga trafik website anda dapat naik dengan signifikan.

Usahakan promosi yang anda lakukan dengan blogger outreach jangan melakukan tindakan atau permintaan yang sifatnya memaksa, yang perlu anda lakukan dalam mejalin kontak denganya anda membagikan link atau share konten website anda melalui email, dan biarkan proses penilaian ini berjalan secara alami tanpa adanya pemaksaan dari anda untuk harus mencantumkan link konten anda. 

Bagaimana cara melakukan promosi melalui blogger outreach ini?, berikut adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan: 
  1. Cari dan temukan Blogger yang memiliki pengaruh besar untuk topik-topik yang sesuai dengan website anda. temukan minimal 20 daftar atau list dari blogger yang berpengaruh.
  2. Lakukan riset dan periksa daftar nama-nama blogger tersebut, tentukan siapa saja blogger yang berpotensi besar untuk bisa menerima promosi konten anda.
  3. Temukan Radar mereka, anda bisa memberikan pujian atau komentar yang menyatakan bahwa postingan untuk topik tertentu sangat anda sukai dan sangat rekomended, dan itu akan memberikan sinyal positif bagi blogger outreach untuk merespon permintaan anda.
  4. Cari Informasi Email mereka, untuk dapat melakukan hubungan atau kontak selanjutnya dengan mengirim keemail mereka, tentunya anda harus sudah mendapatkan alamat email mereka. anda bisa menggunakan tool hunter.io dan voilanorbert.com 
  5. Mulai melakukan proses penjangkauan dengan melakukan kontak melalui pengiriman email satu persatu, sampaikan maksud dan tujuan anda mengirim email. 

8. Strategi Mem-Publish Ulang Postingan Anda

Strategi mem-publish ulang atau meluncurkan kembali konten yang sudah pernah anda buat sebelumnya, akan meningkatkan trafik websita anda, namun ini tergantung dari konten yang apa yang akan anda re-launch. Cara ini hampir sama dengan cara kedua, dimana anda melakukan pemeriksaan konten untuk selanjutnya dilakukan modifikasi dan perbaikan. 

Pada strategi mem-publish ulang ini, anda benar-benar mempublish ulang postingan anda ini tanpa adanya editan atau perubahan baik topik maupun struktur penulisan. Syarat untuk mempublish ulang konten adalah dengan memilih topik konten yang memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi (Readability) untuk mengetahui hal ini anda bisa menggunakan Google Analytics untuk melihat konten-konten mana saja yang banyak dibaca oleh audiens anda.

9. Membuat Konten Yang Menarik Buat Influencer

Sebuah konten yang menarik banyak pembaca belum tentu koten tersebut menarik buat blogger influenceer, yang harus anda lakukan adalah anda harus bisa membuat konten yang menarik dimata blogger yang memiliki pengaruh dan jangkauan luas, hal ini akan lebih cepat memberikan dampak berupa peningkatan trafik terhadap website anda, karena mereka akan membagikan konten anda ke audiens blogger yang berpengaruh tersebut. 

Jenis konten apa yang menarik dimata Blogger Influenceer?. Konten atau postingan yang menyajikan informasi secara rinci dan detail sangat diminati oleh mereka, anda bisa membuat konten tentang topik tertentu dengan menyajikan data berupa infografis.

Di Indonesia masih belum banyak blogger atau contain creator yang menyajikan data dalam bentuk infografik. Jika anda ingin mendapatkan traffic yang banyak, maka konten jenis ini layak anda coba. Karena saat ini adalah eranya Big Data, dimana kebutuhkan akan penyajian data yang menarik dan informatif juga akan semakin tinggi.

10. Kirim Video di LinkedIn

LinkedIn memiliki tingak pertumbuhan yang pesat. situs jejaring sosial yang memiliki segment orang-orang professional ini di Indonesia sendiri penggunanya semakin banyak, ini merupakan kesempatan bagi anda untuk mempromosikan atau mengenalkan website dengan konten-konten yang menarik perhatian mereka. Faktanya, sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa jumlah orang yang berbagi konten di LinkedIn telah meningkat secara signifikan sejak tahun lalu. 

Dikarenakan jaringan sosial media ini adalah terdiri dari orang-orang professional, maka anda harus menyajikan konten dengan data-data yang valid dan ilmiah, jika konten anda mengutip data dari sumber lain maka anda harus mencantumkan sumber data tersebut berupa tautan yang anda tanam dalam postingan anda. Dengan demikian mereka akan menganggap anda juga bagian dari jaringan professional yang menjunjung professionalisme dalam berkarya.

11. Membuat Konten Dengan Iming-iming Hadiah (Giveaway)

Cara meningkatkan trafik website berikutnya adalah memberikan iming-iming hadiah atau Giveaway kepada audiens anda. Pada dasarnya setiap orang itu suka dengan sesuatu yang berbau gratisan atau hadiah, untuk itu anda bisa melakukan pembuatan konten dengan memasukan gimmick berupa pemberian sesutau secara gratis, untuk pembaca postingan anda. Anda tidak usah memberikan sesutau yang mahal kalau memang belum cukup modal untuk meningkatkan trafik website anda.

Tidak perlu memberikan hadiah mahal untuk mendapatkan trafik dari audiens anda, cukup dengan hadiah atau giveaway sederhana yang anda berikan dalam konten yang anda buat, haruslah sesuatu yang bermanfaat bagi mereka dan masih memiliki relevansi dengan konten website anda, contohnya; berikan giveaway berupa eBook khusus untuk mereka yang mau mengikuti polling atau survey yang anda buat, 

Sebelum anda memutuskan untuk memberikan program giveaway untuk postingan anda, terlebih dahulu anda harus merencanakan untuk menerbitkan konten apa yang tepat, buat pembaca postingan website anda lalu silahkan anda tentukan hadiah apa yang akan anda berikan buat mereka, misalnya anda bisa memberikan hadiah berupaa eBook tutorial khusus, atau Voucher Paket Data buat mereka yang beruntung pada program giveaway anda.

12. Buat Artikel Yang Memicu Konten Kontroversi

Artikel atau konten anda akan dapat menjadi viral karena mengandung pemicu untuk meledakan konten anda ke banyak orang, dan itu hanya bisa anda lakukan jika anda berani untuk membuat sesuatu konten yang bersifat kontroversi, yang biasanya mengandung unsur politik, agama atau hal-hal lain yang sensitif dan provokatif. Konten ini biasanya juga lebih up to date karena membahas isu kekinian atau yang sedang hangat. Karena semakin banyak orang yang ingin tahu dan ingin terlibat, faktor tersebutlah yang membuat sebuah konten menjadi viral. 

Sebelum anda membuat konten yang memicu kontroversi, anda harus memikirkan matang-matang dampak yang akan terjadi jika memang konten tersebut jadi dimuat diwebsite anda, pastikan anda harus mempunyai alasan kuat dan bantahan jika kedapan ada pihak-pihak yang mempermasalahkan konten yang anda buat tersebut. 

13. Retarget Pengunjung Anda Melalui Iklan Facebook

Strategi peningkatan trafik yang satu ini memang akan membutuhkan biaya untuk kampanye iklan anda, yah..!! anda harus mengalokasikan biaya iklan ke facebook yang tidak sedikit, seperti yang kita ketahui bahwa biaya iklan facebook semakin hari akan semakin mahal, dan jika anda tidak memiliki strategi khusus dalam mengelola iklan anda, pastinya anda akan boncos. 

Di satu sisi anda harus meningkatkan trafik website anda, memang anda mempunyai banyak cara untuk bisa meningkatkan trafik website anda, akan tetapi cara beriklan ini juga cukup efektif dan cepat yang harus menjadi pertimbangan anda. Lantas bagaimana jika anda ingin beriklan di Facebook tanpa harus khawatir biaya iklan anda tidak tepat sasasaran. Retargeting adalah solusinya, anda bisa mensetting target audiens anda hanya orang-orang yang pernah mengunjungi atau melihat-lihat postingan website anda saja. 

Dengan teknik retargeting pengunjung  website, maka iklan anda akan semakin murah dengan hasil yang maksimal, dan ini akan lebih baik daripada anda menggunakan saluran iklan lainnya, anda akan melihat bahwa CPC atau BPK (biaya per klik) anda akan murah jika dibandingkan dengan sebagian besar penggunaan iklan lainyya sepert (Google Ads). 

14. Mengurangi Tingkat Bounce Rate Anda

Pada saat anda melakukan pencarian data informasi, kemudian anda menemukan sebuah artikel atau postingan dengan judul yang menarik, konten dan isi artikel sangat panjang, pembahasan yang disampaikan tidak jelas, alur dan struktur penulisan juga tidak enak untuk dibaca, maka apa yang akan anda lakukan?. Yups.. tentu saja anda akan langs skip atau bahkan menutup website tersebut, karena anda sudah tidak minat lagi untuk membaca lebih detail konten tesebut. Nah, tindakan anda tersebut itulah yang disebut dengan Bounce Rate. 

Bouce rate adalah persentase jumlah visitor atau pengunjung website anda yang langsung menutup halaman website dan meninggalkan halaman website anda dalam rentang waktu 30 detik setelah membuka satu halaman saja. Menurut Yoast SEO bounce rate tindakan yang dilakukan oleh pengunjung website anda di mana hanya membuka satu halaman website tanpa melakukan tindakan apa pun. Mereka tidak menekan tombol menu, CTA, atau internal link lainnya di halaman tersebut.

Dampak yang ditimbulkan dari website yang memiliki bouce rate tinggi adalah akan menurunkan popularitasnya dimata mesin pencarian google, selain itu website juga akan sulit untuk bisa menembus posisi SERP yang bagus di mata google.

Cara-cara yang dilakukan agar dapat mengurangi tingkat bounce rate pada website anda adalah:

  1. Meningkatkan Kualitas Konten: Dengan cara membuat konten atau postingan yang mmemiliki manfaat untuk bisa memberikan jawaban atau solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh pembaca, konten yang anda buat sebagai penyelesaian atau pemberi solusi harus dapat disampaikan dengan jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Disamping itu juga konten harus memiliki cakupan yang mendalam terhadap topik yang dibahas.
  2. Perhatikan Tampilan Website: Website dengan tampilan cantik dan menarik pastinya akan disukai oleh banyak orang, namun yang harus anda mengerti adalah website dengan tampilan elegant dan cantik belum tentu disukai oleh google. Website yang bagus dimata google adalah website yang dengan tampilan sederhana namun enak di lihat.
  3. Periksa Kecepatan Website: Anda pastinya akan merasa jengkel dan tidak suka ketika sedang mengakses informasi dari suatu website, namun apa yang terjadi?, website tersebut lambat dan Slow loading sudah pasti anda akan cepat untuk capcus dari website tersebut. Untuk itulah penting anda memperhatikan kecepatan website agar website anda tidak ditinggalkan para pencari informasi. Silahkan anda lakukan pengecekan speed anda di GTMetrix atau Googl Page Insight. Dari situ nanti anda akan tahu tindakan apa yang harus anda lakukan untuk mempercepat performa website anda.

15. Tampilkan Artikel Yang Panjang

Sebuah analisa yang dilakukan oleh BuzzSumo beberapa waktu yang lalu untuk menganalisa satu juta artikel mana yang berhasil menjadi konten yang diminati banyak pembaca. Dan hasilnya adalah mereka mengatakan bahwa konten dengan artikel yang panjanglah yang banyak mendapatkan Share atau tautan untuk dibagikan, dari pada konten yang memiliki artikel dengan tulisan pendek. 

Analisa artikel panjang oleh buzzsumo
Seperti yang anda lihat pada grafik di atas, konten yang panjang (> 3.000 kata) mendapat rata-rata 208% lebih banyak mendapat tautan berbagi (Share) daripada artikel pendek.

Jadi panjang sebuah kata atau karakter dari sebuah postingan atau konten webisite akan disukai google, hal ini karena secara logika, semakin banyak panjang tulisan maka akan semakin banyak informasi yang tersampaikan kepada pembaca konten website anda. Terlepas dari hal tersebut juga  yang harus menjadi perhatian adalah konten dan kesesuain dengan topik. Tulisan artikel harus jelas, informatif dan mudah dipahami adalah mutlak dalam pembuatan suatu konten website.

16. Optimasi Google Mobile First Index 

Seperti yang mungkin anda pernah mendengar bahwa Google telah meluncurkan "Indeks Mobile-First" itu artinya google mengutamakan website yang memiliki versi mobile untuk pemeringkatan posisi SERP. Google sekarang akan melakukan crawling untuk memberikan penilaian performa pada website versi mobile, dan jika website tersebuta memiliki penilaian performa buruk untuk versi mobile maka SEO anda juga akan buruk.

Bagaimana anda mengetahui buruk tidaknya versi mobile pada website anda?, untuk mengetahui itu anda bisa menggunakan tool dari google untuk memeriksa performa website versi mobile anda, caranya silahkan anda akses : https://search.google.com/test/mobile-friendly?, maka tool ini akan memberikan informasi, apakah website anda mendukung versi mobile atau tidak. Jika website anda tidak mendukung versi website maka anda akan diberikan rekomendasi apa-apa aja yang harus anda lakukan.

17. Membuat Channel Youtube

Jika anda ingin mengarahkan lebih banyak trafik ke website anda, maka Youtube adalah pilihan bagi anda untuk mengoptimalkanya. Youtube saat ini sudah menjadi mesin pencarian kedua setelah google, Ini merupakan fakta yang harus diterima dan dijadikan sebagai potensi yang besar untuk mendongkrak populeritas website anda. 

Setelah anda membuat chanel YouTube maka langkah selanjutnya adalah membuat Call To Action, apa itu CTA, Call To Action atau CTA merupakan tindakan mengajak pengunjung dalam hal ini viewer untuk melakukan apa yang harus dilakukan. Ajaklah viewer anda untuk mengunjungi website anda agar website anda mendapatkan trafik. Anda bisa menggunakan strategi-strategi berikut ini untuk menerapkan Call To Action pada channel youtube anda: 
  1. Memberitahukan kepada orang lain apa yang harus dia lakukana, Pastikan pada strategi ini anda mengkomunikasikan kepada penngunjung youtube anda untuk mengunjungi website anda. anda bisa melakukannya dengan kalimat yang sederhana, misal "Terima kasih anda sudah menonton video ini, untuk mengetahui lebih detail silahkan anda kunjungi website kami."
  2. Menuliskan Penjelasan atau deskripsi pada kotak video; Setiap kali anda mengupload video youtube pastinya anda menuliskan deskripsi tentang topik yang dibahas, disini anda bisa menuliskan deskripsi tentang topik yag relevan, dan anda bisa menuliskan kata kunci serta url website anda. agar penonton youtube anda mengetahui website anda.
  3. Membuat Call to Action di Video; Membuat call to Action di video ini adalah membuat iklan manual sendiri dengan cara membuat dan menempatkan banner berupa tulisan url website anda, yang bisa anda tempatkan di posisi yang menurut anda tepat, bisa dipojok kanan video, dibawah ataupun diatas, tapi usahakan pemasangan banner anda jangan menutupi konten video anda.
  4. Membuat Call to Action Overlay; Jika pada cara ketiga diatas membuat call to action dengan cara anda sendiri alias manual, maka pada cara ke-4 ini anda bisa membuat CTA dan memiliki kontrol penuh atas text, url dan thumbnail yang anda butuhkan adalah bantuan dari youtube langsung dengan cara mendaftarkan terlebih dahulu ke ads.youtube.com. 
Itulah beberapa strategi youtube chanel yang dapat anda lakukan untuk menggiring visitor anda ke website utama anda. 

18. Buatlah Konten Viral

Konten viral merupakan sumber trafik utama dari suatu website, konten yang memiliki daya tarik dan dapat menimbulkan dorongan bagi pembacanya untuk membagikan konten tersebut ke orang lain pada jaringanya, baik melalui media sosial ataupun groupnya. 

Bagaimana membuat konten yang memiliki potensi untuk bisa viral?. Ada 3 hal yang bisa membuat konten itu menjadi viral yaitu:  
  1. Konten Harus mengandung banyak unsur visual, unsur visual ini bisa berupa, gambar, infografis ataupun video. Berdasarkan studi menunjukkan bahwa konten yang kaya gambar mendapatkan lebih dari 90% tingkat penyebaran jika dibandingkan dengan konten yang hanya memberikan pemaparan berupa teks atau tulisan saja
  2. Konten harus memiliki Utilitas yang tinggi, ini berarti konten yang anda buat harus memiliki manfaat untuk banyak orang yang membacanya, anda harus membuat konten yang bisa memberikan dan menawarkan solusi untuk masalah yang mereka hadapi.
  3. Konten harus bisa menciptakan Dorongan Awal. maksudnya adalah konten yang anda buat dapat menimbulkan rasa seseorang untuk mengetahui lebih detail tentang postingan anda, anda mungkin bisa membuat konten dengan judul yang menarik rasa penasaran orang, misalnya: Bagaimana saya menghasilkan 1 Juta hanya dengan menulis konten. 
Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam membuat konten yang memiliki potensi viral, dan salah hal penting lainya adalah jangan lupa anda untuk menshare konten anda ke akun-akun sosial media dan kanal lainnya.

19. Promosikan Konten Blog dan Video Anda Ke Quuu

Quuu merupakan alat pemasaran konten yang bertujuan menciptakan pengikut atau follower untuk melakukan tindakan atau keterlibatan di sosial media (Engagement) anda, melalui postingan yang dikelola oleh anda sendiri sesuai dengan segment anda. Quuu akan mengirimkan konten yang relevan dan berkualitas kepada anda sesuai dengan ceruk yang dipilih setiap hari. Anda dapat dengan mudah melakukan penjadwalan untuk postingan ini dengan menggunakan alat penjadwalan seperti Buffer dan HubSpot. 

Bagamana Cara Kerja Quuu?

Bagaimana Quuu itu bekerja?, pada saat anda membuat akun quuu anda pastinya mengisikan informasi untuk mensetting akun anda, dari informasi tersebut pembuat konten di quuu bisa mengetahui konten apa yang diminati oleh anda. Cara kerja quuu singkatnya sebagai berikut: 
  1. Anda membuat postingan konten di akun media sosial anda untuk membagikan tautan ke konten anda
  2. Quuu akan meletakkannya di depan orang-orang sesuai niche anda yang telah mendaftar untuk menerima saran konten dari mereka
  3. Beberapa dari mereka kemudian mau tidak mau harus membagikannya di profil sosial mereka
Jika konten anda menarik, dan postingan di media sosial dibuat dan ditargetkan dengan baik, maka anda akan mendapatkan ratusan share, mention, dan klik (view). Inti dari semuanya adalah konten hyang hebat yang akan menarik perhatian dan berguna bagi influencer dan audiens anda.

Bagaimana cara promosi di Quuu?, 

#1. Mendaftar Quuu Promote

Proses registrasi cukup mudah. Jika Anda pernah mendaftar untuk sesuatu dengan cara online, Anda tentu dapat menangani hal ini juga. Cukup masukkan alamat email anda dan kata sandi yang diinginkan dan hanya itu. Setelah itu akan muncul layar atau halaman dasboard yang kosong, seperti gambar di bawah ini.


Setelah anda selesai mendaftar, langkah selanjutnya adalah mengatur profil anda dan mengikuti pedoman promosi mereka.

#2. Mulai Membuat Promosi untuk Postingan Baru

Proses ini sedikit lebih rumit dibandingkan ketika anda membuat postingan biasa di jejaring sosial. Berikut langkah-langkah tepat yang harus Anda ambil saat membuat promosi untuk posting baru: 

  • Klik tombol biru besar di sebelah kiri yang bertuliskan 'Promosikan posting' (atau di bawah pengaturan profil);
  • Masukan atau paste URL yang ingin anda promosikan, sebelumnya anda copy dari address browser url anda.
  • Pilih kategori minat
  • Buat posting media sosial (satu digunakan untuk Twitter, yang lainnya untuk LinkedIn dan Facebook)
  • Klik tombol 'Simpan' (Anda dapat melakukan ini kapan saja; pos akan disimpan sebagai "konsep" dan Anda dapat kembali ke sana kapan saja untuk meninjau / mengedit / mengirim)
  • Setelah anda meninjau semuanya, anda hanya perlu mengklik tombol Submit ’Kirim’ 
Quuu akan melakukan proses peninjauan ini sebelum mulai diposting, dan ini memakan waktu 3 sampai 5 hari.

#3. Edit Postingan Anda Untuk Mendapatkan Keterlibatan Terbaik

Quuu memungkinkan anda membuat satu salinan untuk Twitter dan satu lagi untuk Facebook dan LinkedIn. Anda bisa menggunakan wording yang sama untuk semua jaringan tetapi disarankan untuk membuat text atau wording yang berbeda.  Dan jika anda menggunakan salinan yang sama untuk keduanya biasanya tidak akan memberikan hasil yang baik.

Memoles Text

Pertama-tama, tagar, tentunya sebagian besar jejaring sosial saat ini memiliki tagar yang bermanfaat atau tidak, namun tagar Twitterlah yang paling penting. Usahakan tambahkan beberapa tagar yang relevan di kotak teks Twitter anda sehingga setiap postingan yang dibagikan dapat dengan mudah ditemukan dan bisa menjangkau audiens yang lebih besar.

Kedua, jangan lupa menambahkan pegangan Twitter anda di postingan anda. sehingga, setiap kali postingan dibagikan, nama atau merek anda akan disebutkan, hal ini memungkinkan anda untuk mendapatkan pengikut baru. Selain itu, anda akan mendapatkan pemberitahuan setiap kali seseorang menyebutkan anda sehingga memungkinkan anda untuk melacak semua mention dan like serta me-retweet atau membalas tweet itu.

Perhatikan jumlah karakter pada saat anda menulis text. Postingan anda selalu harus menyertakan tautan yang dibuat oleh Quuu secara otomatis, jadi hitunglah saat anda membuat posting kreatif. Quuu akan membantu anda dengan menampilkan jumlah karakter yang sudah anda gunakan.

Pertimbangkan untuk menambahkan gambar fitur khusus

Bagian lain yang dapat anda sesuaikan adalah fitur gambar untuk jejaring sosial yang berbeda. Quuu menambahkan ukuran yang disukai untuk masing-masing sosial media sehingga anda dapat membuat grafik khusus untuk Twitter dan Facebook, atau, jika anda sudah memiliki desain fitur gambar yang bagus, Quuu akan secara otomatis menariknya pada saat proses pengaturan promosi posting.

Anda dapat melihat bagaimana posting anda tanpa harus menyimpannya terlebih dahulu, dan setiap pengeditan yang anda lakukan akan secara otomatis muncul pada bagian bawah layar anda. Setelah anda mengklik tombol "Simpan", baru postingan anda akan muncul di bagian konsep. Untuk itu selalu periksalah bagian ini dan cek kembali jika ada salah kata ataupun pengejaan.

Saat anda selesai melakuakn semua pengeditan, anda cukup tekan tombol simpan. Jika anda lupa mengedit sesuatu, maka Quuu akan mengingatkan anda dan tidak akan melnajutkan proses selanjutnya sampai semua bagian  terisi.

#4. Lakukan Pembayaran dan Terbitkan

Proses terakhir adalah melakukan pembayaran untuk paket yang anda pilih dan paket apapun yang anda pilih, Postingan anda akan dapat keterlibatan Social Engagement (Mention, dan klik yang tidak terbatas) selama periode promosi 30 hari.

Setelah pembayaran dilakukan maka konten anda sudah melewati proses peninjauan internal, dain itu akan ditampilkan kepada orang-orang dalam kategori minat anda, dan Anda dapat melihat bagaimana jumlah share atau pembagian konten meyebar dan mention anda bertambah.

20. Publikasikan Ulang Artikel Lama di LinkedIn

Sama halnya dengan blog, artikel LinkedIn mengizinkan anda untuk mempublikasikan sebuah artikel, fasilitas ini dulu disebut LinkedIn Pulse dan merupakan fitur terpisah dari LinkedIn. Namun sekarang fitur yang menghasilkan postingan blog, berita, dan wawasan tersebut sudah ada di LinkedIn dan kini Anda dapat melihat berita di beranda anda.

Mungkin anda pernah menulis sebuah postingan atau artikel di LinkedId, namun sama halnya membuat status di Facebook, jika kamu memposting status di LinkedIn maka akan bertahan sekitar 3 - 5 hari tergantung dengan jumlah Engagement di setiap postingan kamu. Maka seiring bertambahnya waktu, jumlah jangkauan penayangan juga akan semakin sedikit hingga tidak ditayangkan lagi, hal ini bisa jadi dikarenakan anda menulisnya dai LinkedIn Post. 

Untuk menghindari agar postingan anda tetap bisa muncul di beranda anda, maka anda harus mempublikasikan ulang atau repost artikel anda di ditur LinkedIn Article, tentunya ini akan menjaga agar artikel anda tetap populer, karena melalui LinkedIn Article memiliki jangkauan yang sangat luas, bukan hanya pada jaringan anda sendiri. Disamping itu juga memiliki batasan jumlah karakter yang lebih banyak.

21. Gunakan Tool Question Analyzer (Alat Analisis Pertanyaan)

Salah satu cara agar konten anda mendapatkan banyak Share atau tautan untuk dibagikan ke banyak orang adalah dengan melakukan analisa pertanyaan terlebih dahulu sebelum membuat konten, yang harus anda ingat adalah prinsip konten yang baik akan menghasilkan trafik yang bagus. Dan ini adalah hal-hal harus anda lakukan untuk melakukan analisa pertanyaan dalam sebuah konten; yang harus anda kerjakan adalah, menemukan pertanyaan yang diajukan audiens target anda secara online, dan kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut di konten anda.

Pertama, gunakan alat atau tool untuk menganalisa pertanyaan, seperti Buzzsumo, atau answerthepublic.com untuk menemukan pertanyaan yang diajukan orang, kemudian buatlah postingan yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Atau anda menyisipkan jawaban dari pertanyaan tersebut kedalam sebuah konten atau artikel

Bagaimana, mudah bukan?, intinya dalam menganalisa suatu pertanyaan anda harus mampu menggunakan tool-tool untuk menganalisa pertanyaan dari audiens, dan anda juga harus memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk menjawabnya secara meyakinkan.

22. Menambahkan Konten Yang Menarik Pada Postingan Sosial Media

Banyak orang melakukan kesalahan dalam pembuatan konten, mereka banyak melakukan postingan termasuk share konten ke sosial media mereka, tetapi mereka sendiri tidak bisa memahami bagaimana alasan orang untuk mau mengklik tautan anda. Hal ini tentunya akan mengurangi hasil kinerja anda dalam membangun atau meningkatkan trafik ke website anda. 

Bagaimana membuat konten tersebut menarik?, membuat konten disosial media yang menarik anda bisa melakukanya dengan membuat postingan yang memuat informasi untuk audien anda merasa perlu membaca lebih lanjut tentang postingan anda dengan cara: menampilkan beberapa point penting sebuah artikel yang dapat memberikan informasi penyelesaian masalah yang dihadapi audien, contoh seperti yang di lakukan oleh Brian Dean:


Pada postingan yang ditulis oleh Bria Dean memuat tiga point informasi terkait bagaimana meningkatkan trafik website dengan cara-cara yang mungkin belum banyak di laukan oleh banyak orang, dari tweetan tersebut kemudian di giring atau diarahkan ke halaman websitenya.

23. Meningkatkan CTR secara Organik

Ketika kita mendengar istilah CTR sebagian besar orang akan langsung mengaitkanya dengan iklan PPC atau penelusuran berbayar. Tentunya tidak mengherankan karena CTR sendiri merupakan kunci metrik yang ada kaitanya dengan pengoptimalan PPC. Banyak pengujian masuk ke dalam pembuatan iklan yang sesuai dengan pencari, iklan, dan banyak lagi yang pada akhirnya proses tersebut untuk  meningkatkan konversi penjualan.

Bagaimana cara meningkatkan CTR?, anda dapat melakukan car-cara berkut:
  • Gunakan Google Analytics; untuk menganalisa atau mengecek website anda, anda bisa menggunakan layanan Google Analytics; dari sini anda bisa melihat laporan jumlah klik, impresi dan rata-rata posisi di halaman pencarian.
  • Buatlah Title Tag yang unik dan mengandung Kata Kunci; Judul tag masih menjadi salah satu unsur SEO yang paling penting, karena melalui title tag akan memberi tahu pembaca dan mesin pencari tentang website anda.
  • Buatlah Deskripsi Meta Tag dengan Jelas; Menulis tag deskripsi yang efektif dapat meningkatkan rasio klik-tayang anda. Paragraf pendek ini bisa menjadi pitch bagi calon pengunjung situs web anda untuk mengklik tautan tersebut. Tulislah deskripsi konten anda kedalam 160 karakter
  • Gunakan skema mark-up di halaman web Anda; Skema mark-up merupakan suatu bentuk microdata yang digunakan untuk menanamkan metadata HTML terstruktur dengan konten halaman web yang ada untuk menyediakan informasi tambahan serta pengalaman penelusuran yang lebih kaya untuk pengguna. Untuk memasang skema mark-up pada website anda, jika website anda berbasis wordpress anda bisa menggunakan plugin All In One Schema.
  • Gunakan Breadcrumbs; Ini merupakan peta jalan bagaimana google bisa menemukan halaman website anda melalui menu navigasi. Informasi ini tentu akan dapat membantu para pencari untuk mengukur seberapa relevan artikel tersebut dengan pencarian mereka.
  • Manfaatkan fitur Fetch as Google di Google Search Console; Anda dapat mengeklik Fetch as Google untuk membuat Google merayapi ulang keseluruhan situs web atau satu URL untuk halaman yang telah diubah dan semua direct link. Pilihan Fetch and Render menunjukkan kepada Anda seperti apa URL yang terlihat pada perangkat desktop atau seluler.
  • Memasukan Image pada Postingan; Sudah kita ketahui bahwa konten atau postingan yang paling diminati pengunjung adalah konten atau postingan yang menyisipkan informasi visual, anda bisa memasukan informasi visual berupa gambar, video atau infografis, usahakan unsur visual tersebut  original dan relevan dengan isi konten
  • Optimasikan Alamat URL Website Anda; Alamat URL merupakan unsur penting dalam strategi SEO, begitu juga dalam meningkatkan CTR, panjang pendek serta pengkategorisasan menu sangat mempengaruhi hasil pencarian. 
  • Lokalisasikan Konten; Sebagai akibat dari penggunaan smartphone yang semakin meningkat sejak tahun 2011 google sudah membaca dan memperhitungkan hal ini, dengan melokalkan konten akan sangat membantu anda. Sebagai contoh jika ada seseorang yang sedang mencari toko bunga, dan orang tersebut berada di daerah bogor, maka google akan menampilkan toko bunga yang terdekat dengan lokasi orang tersebut.
  • Gunakan Tool Preview; Sebelum konten atau iklan yang anda buat ditampilkan, ada baiknya anda melakukan preview terlebih dahulu untuk memastikan unsur-unsur SEO tersebut terpenuhi; anda bisa mengunakan Tool atau alat preview ini dengan SEO Yoast ataupun Google Ads Preview.
  • Perhatikan Kecepatan Website; Google akan sangat menyukai website yang Fast Response atau cepat dalam menampilkan data, dan sudah dapat dipastikan pengunjung akan meninggalkan website anda jika website yang diaksess lambat. ini tentu akan berpengaruh terhadap CTR karena google tidak akan menghitung jumlah klik pada saat halaman diakses bersamaan saat loading.

24. Mempublikasikan Lebih Banyak Lagi Daftar Postingan

Daftar Posting selalu menjadi format posting yang populer untuk blogger. Jadi daftar posting sudah pasti merupakan kekuatan blog yang memiliki potensi untuk mengirim ledakan lalu lintas ke website anda. Postingan yang dilakukan dengan buruk akan gagal karena mendapatkan respons yang kurang baik.

Ada 10 cara atau langkah yang dapat anda lakukkan untuk membuat daftar postingan yang efektif.  Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tentukan Jumlah Item dalam Daftar Postingan yang akan anda tampilkan; Pikirkan alasan anda menulis posting dan topik yang Anda bahas. Jika Anda membuat daftar sumber daya yang besar, pilih item sebanyak mungkin (101 adalah angka yang populer, tetapi jika Anda tidak dapat mengelola sebanyak itu, coba 50 atau 25).
  2. Simpan setiap item dalam daftar serupa; Hindari mencampur jenis-jenis item dalam daftar anda, sebuah posting yang memberikan "10 ide terbaik untuk menulis" kemudian melompat dari tips ke kutipan atau quote ke instruksi website, maka daftar semacam ini tidak memiliki kohesi, dan kemungkinan akan kehilangan pembaca sebagian.
  3. Pikirkan Lebih Banyak lagi item-item yang anda butuhkan; Arahkan setidaknya 10% lebih banyak gagasan daripada jumlah yang Anda pilih di # 1. (Jadi, setidaknya 11 item jika Anda ingin menyelesaikan 10, setidaknya 112 item jika Anda ingin 101 dan seterusnya ...) Ini untuk memastikan anda akan mendapatkan ide-ide terkuat, karena anda dapat memotong beberapa yang tidak baik.
  4. Pesan daftar yang logis; Setelah barang anda habis, maka pikirkan urutannya. anda tidak ingin mempostingnya dalam urutan apa pun yang muncul di kepala anda; beberapa pembaca mungkin “memilih barang” dari daftar (terutama jika panjang), tetapi yang lain akan membaca semuanya, dan itu membantu mereka jika anda telah menyusun postingan.
  5. Breakdown daftar urutan yang panjang ke dalam beberapa bagian; Jika anda memiliki daftar lebih dari tiga puluh, maka anda harus membreakdownnya kedalam bebarapa bagian. Blok bagian teks yang sangat panjang pada halaman yang berpotensi menimbulkan ketidakefektifan, bahkan ketika dalam bentuk daftar, dan menggunakan subpostingan juga memungkinkan anda memberikan daftar tautan di bagian atas. halaman untuk melompat pembaca langsung ke bagian yang relevan.
  6. Mempertimbangkan untuk membuat daftar secara berseri (berlanjut); Jika anda memiliki ide yag kuat dan menggunakan semuanya dalam satu posting, maka itu adalah hal yang sia-sia. Jika Anda memiliki item yang cukup luas dalam daftar Anda, tentunya anda akan membutuhkan lebih dari satu atau dua paragraf penjelasan, maka dari itu sebaiknya anda mempertimbangkan untuk mengubahnya menjadi satu seri. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan lima, sepuluh, dua puluh atau lebih posting dalam satu postingan.
  7. Konsistenlah dalam menulis untuk masing-masing item; Jika anda menulis Daftar Postingan, pembaca berharap setiap item dalam daftar disusun dengan cara yang sama. Anda dapat melihatnya pada daftar postingan di mana blogger menggunakan gaya yang berbeda (biasanya <h3> dan <strong>) untuk bagian yang berbeda dari daftar, tanpa penulisan dengan gaya tersebut akan membingungkan; pembaca akan bertanya-tanya apakah mereka menemukan item baru, atau subbagian dari yang sebelumnya.
  8. Selalu Gunakan Penomoran Pada Item; Penulisakn daftar item yang baik adalah dengan menggunakan penomoran atau numbering hal ini untuk memastikan pembaca tentang urutan item apakah sudah sesuai dengan judul atau sub judul. Dapat dibayangkan ketika anda memberikan penjelasan mengenai 47 cara mengelola tanaman strawberi, namun anda menggunakan bullet sebagai urutan daftarnya, pastinya pembaca akan merasa tidak yakin dan kemudian akan menghitung untuk memastikannya, tentu hal ini akan menjadi hal yang tidak mengasyikan bagi pembaca.
  9. Mintalah pembaca postingan anda untuk menambahkan daftar item; Jika anda sudah selesai membuat postingan dengan penjabaran daftar item atau list terkait topik tertentu secara detail, satu hal lagi yang harus anda lakukan adalah jangan memberikan kesan seolah detail daftar item tersebut sudah selesai, anda harus memberikan ruang kepada pembaca untuk mengeluarkan ide apa lagi terkait daftar item tersebut, caranya dengan meberikan perintah agar memberikan komentar yang berisi penambahan dari daftar item selanjutnya.
  10. Pilihlah Judul yang Bagus; Satu hal lagi yang harus dilakukan sebelum anda menekan "Terbitkan", pilihlah judul yang menarik. Caranya anda bias menggunakan angka atau kata-kata, misalnya; "Enam Belas langkah membangun......" atau "15 Cara Mudah Menciptakan....". Anda juga bisa menggunakan kata-kata "Hype" agar dapat menghipnotis pembaca. 

25. Curi Sumber Trafik Website Pesaing Anda

Melakukan tindakan pencurian tentunya itu suatu pelanggaran dan perbuatan yang tidak terpuji, namun dalam hal ini mencuri sumber traffik website pesaing anda untuk diterapkan pada strategi peningkatan trafik website anda sendiri, saya rasa ini bukan suatu pelanggaran, curi trafik yang dimaksud disini adalah meniru strategi yang diterapkan oleh kompetitor kita.

Jika anda mampu atau dapat melihat suatu tempat yang ternyata memberkan sumber trafik website ke pesaing anda, tentunya itu akan menjadi sumber tambang emas bagi anda, Jika anda meminta langsung ke kompetitor anda, tentunya akan mustahil pesaing anda memberikan kata sandi untuk masuk ke akun google analytic mereka. Beruntung anda tidak memerlukan itu. karena ternyata anda bisa melihat sumber lalu lintas pesaing anda secara gratis

Anda bisa menggunakan Tool SimilarWeb, in merupakan website yang menyediakan layanan analisis web untuk bisnis. similarweb.com menawarkan informasi kepada pelanggannya tentang volume lalu lintas situs web klien dan pesaing mereka; sumber rujukan trafik, termasuk analisis kata kunci, demografi; dengan menggunakan tool ini anda bisa mengetahui prilaku yang dilakukan kompetitor anda mengetaui sumber trafik yang mereka hasilkan. dengan demikian andapun bisa menerapkan strategi yang sama dengan apa yang mereka lakukan.

hasil analisa similarweb.com


Gambar diatas merupakan hasil analisa dari similarweb.com yang menampilkan informasi sumber trafik dari suatu website.

26. Mengoptimalkan Website Melalui Forum

Forum merupakan sarana komunikasi atau ajang diskusi online yang membahas tentang berbagai topik, Forum biasanya terdiri dari bebarapa anggota yang tergabung dalam komunitas tertentu yang rutin melakukan diskusi terkait hal yang sedang trending atau viral, melalui forum tersebut akan ada pertanyaan dan jawaban namun sebelumnya terlebih dahulu anda harus memposting topik tertentu untuk mendapatkan respon dari anggota forum. 

Manfaat dari forum sendiri sangat banyak, salah satunya kita bisa bisa mencari informasi yang kita butuhkan, karena di forum khusunya forum yang sudah besar dan sudah sangat terkenal, menyediakan banyak pilihan topik dan kategori yang bisa kita dapatkan dari informasi yang sedang kita cari. Dan jika ada seorang blogger, kegunaan forum diantaranya bisa meningkatkan trafik blognya.

Bagaimana cara menggunakan forum untuk menggiring trafik ke website anda?. Caranya adalah anda tinggal ikut bergabung kedalam website forum misalnya kaskus.co.id yang merupakan salah satu website forum terbesar di Indonesia, kemudian silahkan anda memposting artikel yang memiliki potensi bagus untuk menjadi bahan diskusi, dari situ silahkan anda masukan tautan kedalam website anda. Selain itu, anda juga bisa berperan aktif dalam setiap postingan yang di lempar oleh para anggota forum, disitu anda harus aktif baik menjawab pertanyaan ataupun anda membuat pertanyaan.

27. Sindikasikan Konten Anda di Media

Sindikasi merupakan gabungan atau persekutuan. Jadi konten sindikasi dapat diartikan sebagai sebuah konten yang disusun dari beberapa konten yang masih dalam satu topik yang sama. Dalam proses pembuatan konten sindikasi, yaitu dengan cara mengumpulkan bahan dari beberapa artikel utama sebagai sumber referensi untuk kemudian disatukan kedalam satu konten dengan judul dan gaya bahasa baru.

Kenapa sindikasi konten dapat meningkatkan trafik website?. Setidaknya ada dua kenapa sindikasi bisa meningkatkan trafik website anda: 
  1. Merupakan kumpulan dari beberapa sumber, sehingga konten syarat dengan muatan kata kunci, LSI dan Frase, Contoh artikel sindikasi dengan topik "Digital Marketing" tentunya topik tersebut sudah banyak yang menulis pembahasan tersebut, nah tugas anda adalah menggabungkan dan merangkum semua konten yang ada kedalam postingan atau artikel baru sesuai versi anda dengan format dan gaya penulisan yang berbeda.
  2. Berasal dari Domain yang sudah memiliki otoritas yang tinggi, sehingga memungkinkan backlinknya pun lebih berbobot. Jadi untuk memulainya, pastikan sumber referensi anda adalah website yang ber-DA tinggi. Perlu anda ketahui bahwa konten yang disindikasikan ke website lain akan dikaitkan kembali ke versi aslinya, pastinya ini akan memberi atribusi yang tepat dan rekam jejak Google ke konten asalnya.
Bagaimana mengoptimalkan konten sindikasi?, ini merupakan pertanyaan serius bagi anda yang ingin meningkatkan trafik website anda, berikut adalah cara dan langkah mengoptimalkan konten sindikasi: 
  • Menampilkan hanya konten berkualitas tinggi sesuai target audiens Anda untuk membantu mereka secara nyata. Berikan semaksimal mungkin sesuatu yang berharga, informatif, menghibur, dan mudah dicerna;
  • Jika konten Anda dapat diakses secara online, pastikan Anda bisa mengantongi rincian kontak dan informasi audien Anda (jika memungkinkan).
  • Jangan saah pilih mitra sindikasi. Perusahaan website dan penerbit dengan reputasi bagus selalu menjadi taruhan yang aman saat memilih platform online mana yang mendorong konten sindikasi.
  • Gunakan situs hanya yang memiliki DA tinggi; Untuk hasil maksimal dari konten SEO sindikasi, carilah situs paling otoritatif dan kredibel. Gunakan Moz atau alat parameter DA untuk mengevaluasi lokasi potensial sindikasi.
Demikianlah 27 Cara agar website anda bisa ramai pengunjung, bagaimana menurut anda? jika informasi ini berguna silahkan anda share ke sosial media anda dan jangan lupa tinggalkan komentar anda di kolom komentar.

Tidak ada komentar untuk "Meningkatkan Trafik Website Dengan 27 Cara Berikut Ini"

Berlangganan via Email