Mengenal Website dan Jenis-Jenisnya

Perkembangan Website

Pada tulisan kali ini saya akan mengulas dan membahas tentang pekembangan Website. Tulisan ini mungkin lebih cocok untuk anak-anak pelajar yang baru mendengar tentang apa itu website?. Namun tidak ada salahnya juga bagi anda yang sudah tahu betul tentang webiste ingin lebih mendalam khususnya tentang sejarah website itu sendiri. Berikut saya ulas tentang sejarah website. 

Sejarah Website  

Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan Inggris, menemukan World Wide Web (WWW) pada tahun 1989, saat bekerja di laboratorium pengembangan nuklir bernama CERN. Web pertama kali dibangun dan dikembangkan bertujuan untuk berbagi kebutuhan terkait pemenuhan permintaan berbagi informasi yang dapat dijalankan secara otomatis antara ilmuwan di universitas dan institut di seluruh dunia.

Berners-Lee mengamati betapa sulitnya melacak proyek sistem komputer dari ribuan organisasi riset yang tersebar di seluruh dunia. Berners mengatakan pada masa itu sebuah informasi yang berbeda tersimpan di komputer yang berbeda, dan jika kita ingin mendapatkanya kita juga harus masuk atau mengakses ke komputer yang bebeda juga bahkan terkadang kita harus mempelajari program yang berbeda di setiap komputer tersebut.

Kemudian pada bulan Maret 1989, Berners-Lee memberikan proposal sistem manajemen informasi menggunakan hypertext, untuk menghubungkan dokumen pada komputer yang berbeda yang terhubung ke Internet. Proposal tersebut ia berikan kepada Manajernya di CERN. Hypertext sendiri merupakan sebuah istilah yang diciptakan pada tahun 1963 yang berfungsi untuk mendapatkan informasi atau data dengan mengetikan sebuah kata atau kode kalimat.

Manajer Berners-Lee menganggap proposal yang diberikanya tersebut tidak jelas akan tetapi cukup menarik, oleh karenanya proposal tersebut ditolak, Berners-Lee bekerja sama dengan Robert Cailliau, seorang insinyur Belgia di CERN, untuk memperbaiki proposal tersebut, dan pada tahun 1990 bos orang Inggris itu memberinya waktu untuk mengerjakan proyek tersebut.

Semula proyek tersebut dinamakan Manajemen Informasi, namun Berners-Lee mencoba untuk mencari nama-nama lain seperti Tambang Informasi dan Mesh Informasi sebelum sebelum akhirnya dinamakan menjadi World Wide Web. Pada akhir tahun 1990, Berners-Lee, menggunakan komputer NeXT yang dirancang Steve Jobs, dan mengembangkan teknologi-teknologi utama yang merupakan cikal bakal lahirnya sebuah Web, termasuk Hypertext Markup Language (HTML), untuk membuat halaman-halaman Web. 

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah seperangkat aturan protokol untuk mentransfer dan mengirim data di Web, dan Uniform Resource Locators (URLs) adalah nama atau alamat Web yang bersifat unik untuk menemukan dokumen atau sekumpulan halaman web.  Berners-Lee juga merancang sebuah browser dan software untuk server web.

Pada tanggal 6 Agustus 1991 bertepatan dengan diluncurkanya website untuk pertama kalinya yaitu situs tentang proyek World Wide Web yang menggambarkan Web dan cara menggunakannya. Maka seiring dengan momen tersebut web pertama kali digunakan sebagai layanan untuk umum dengan menggunakan teknologi internet.

Berners-Lee bertekad untuk tidak mengkomersilkan atau menjadikan penemuanya tersebut sebagai alat untuk memperkaya diri, beliau bahkan menolah usulan CERN agar penemuan teknologi yang diciptakannya tersebut dipatenkan. Berners-Lee berharap agar teknologi web berkembang cepat bisa terbuka dan bebas untuk dikembangkan. Seperti yang kemudian dia katakan, "Jika teknologi web itu ada yang memiliki dan hanya dikendalikan penuh oleh satu orang, maka teknologi web tidak akan berkembang dengan pesat, dan anda tidak bisa mengusulkan sesuatu menjadi ruang universal karena pada saat yang bersamaan ada mengendalikannya".

Jenis Website Berdasarkan Sifat

Pada saat anda akan membuat sebuah website, terlebih dahulu anda harus mengetahui jenis webiste apa yang akan anda buat, anda harus tahu bahwa website terdiri dari beberapa kategori yang didasarkan dari sifat dan fungsinya.  Sama halnya dengan ketika anda ingin membeli produk, tentu anda harus bisa memilih produk mana yang sesuai dengan pilihan yang anda minati, karena produk juga memiliki beberapa kategori dan macam ragamnya, Misalnya saja anda akan membeli sebuah laptop, tentu saja produk laptop itu memiliki spesifikasi tertentu yang sesuai dengan keinginan anda. Demikian juga dalam membuat website, anda harus memahami jenis dan tipe website seperti apa yang terbaik menurut anda.

Berikut beberapa jenis website berdasarkan sifatnya, yang bisa dijadikan pilihan bagi anda untuk membuat sebuah website yang sesuai dengan keinginan anda. 

#1. Website Statis

Website statis merupakan website dengan tampilan yang sederhana dengan konten yang ditampilkan bersifat konstan alias tetap, tampilan website ini tidak akan mengalami perubahan konten selama script html atau javascriptnya tidak dirubah, dapat dikatakan perubahan konten untuk jenis ini sepenuhnya full script editing karena setiap halaman yang dibuat menggunakan sintak atau kode HTML sehingga hanya administrator atau webmaster saja yang daoat mengupdate konten website statis ini.

Pada umumnya website jenis statis dibuat dengan menggunakan script atau kode HTML untuk menampilkan kontenya dan CSS untuk mendesain layoutnya agar terlihat cantik dan rapi. Selain itu untuk membuat website statis anda juga bisa menggunakan generator website statis seperti Hugo, Jexyll dan Hexo. 

Penggunaan database pada halaman website statis tidak diperlukan, karena jenis website ini tidak memerlukan update berkala, karena pada umumnya website ini digunakan hanya untuk menampilkan konten yang bersifat informasi umum dari perusahaan, misalnya profile perusahaan, layanan, alamat, dan kontak perusahaan.

#2. Website Dinamis

Website dinamis merupakan jenis website yang memiliki konten dinamis yang dapat dirubah secara berkala tanpa harus merubah kode html. Dari sisi manajemen kontennya website dinamis sangat mudah untuk mengelolanya dibandingkan dengan website statis, perubahan konten dapat langsung dilakukan dari websitenya melalui halaman admin. sehingga tidak akan merusak atau merubah kode htmlnya. Website dinamis menampilkan kontennya dari database yang biasanya hanya bisa diakses oleh webmaster atau developer.

Karena sifatnya yang dinamis, website ini dikembangkan atau dibuat dengan menggunakan bahasa pemerograman web seperti; php, asp, ruby, python dan lain-lain, dengan database sebagai penampung datanya yang akan ditampilkan ke client. Database untuk menampilkan konten yang ada pada halaman dinamis, anda bisa menggunakan Mysql dan lain-lain. 

Jenis Website Berdasarkan Platform

Kemajuan teknologi website semakin berkembang, hal ini memungkinkan anda untuk membangun website yang anda inginkan, website saat ini dapat dibuat dengan berbagai platform yang bisa memberikan kemudahan bagi anda untuk memilihnya sesuai dengan kemampan dan pengetahuan yang anda miliki. Terdapat 3 platform yang bisa anda gunakan diantaranya :

#1. CMS (Content Management System)

CMS memberikan kemudahan bagi anda untuk membagun dan mengelola website anda, anda tidak perlu lagi membangun website dari awal dimana jika kita melakukan itu kita harus membuatnya dengan ratusan atau bahkan ribuan koding yang dapat mebuat kepala anda pening. Cukup dengan CMS anda bisa membuat website dalam hitungaan menit, seperti halnya anda mengintsal aplikasi komputer lainya dan sedikit settingan maka website anda sudah jadi, anda hanya fokus untuk membuat dan menyiapkan konten yang menarik.

Pada umumnnya CMS memiliki dua bagian utama atau tampilan yang memiliki fungsi masing-masing, Pertama bagian admin, hanya dapat diakses oleh administrator, fungsi ini untuk menampilkan panel atau dasboard administrator untuk merubah atau mengupdate tampilan website, mengedit konten, dan juga menghubungkan ke database. Kedua bagian user, fungsi bagian ini adalah menampilkan halaman publik (Fron End) bagian ini akan menjadi default tampilan saat website anda diakses.  

Perkembangan CMS sangat pesat hal ini dikarenakan teknologi yang dibangun menggunakan opensource alias gratis sehingga banyak komunitas yang ikut berperan untuk mengembangkanya, anda hanya memerlukan pengeatahuan dasar tentang pemrograman web saja, karena pada dasarnya semua fitur sudah tertanam cukup anda kembangkan sesuai selera anda maka website anda yang berbasis CMS tidak akan kalah dengan website yang dibangun oleh web developer hebat, hal ini terbukti banyak perusahaan dan instutusi pemerintahan mengunakan website berbasis CMS.

Untuk membangun website dengan platform CMS ini banyak pilihan yang bisa anda ambil sesuai tujuan dan fungsi website yang akan bangun, berikut beberapa CMS yang bisa anda pertimbangkan untuk digunakan: 
  • WordPress
  • Joomla
  • Drupal
  • Plone
  • VBulleting
  • Moodle
  • MediaWiki
  • Opencart
  • PrestaShop
  • Dll.

#2. Website Builder

Memiliki website khususnya dalam dunia bisnis saat ini sudah merupakan keharusan jika usaha anda ingin dilihat oleh banyak orang, ini harus menjadi sesuatu yang dibutuhkan untuk kegiatan promosi dan pengenalan produk anda. Untuk membuat website yang tampil cantik dan menarik saat ini bukanlah sesutau yang sulit untuk diwujudkan, karena seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi website itu sendiri anda yang tidak memiliki kemampuan di bidang IT pun bisa untuk membuat website yang bagus dalam hitungan menit. 

Website Builder merupakan tool atau alat khusus yang memungkinkan anda untuk membuat halaman web dengan mudah tanpa pengetahuan tentang HTML atau program web lainnya, tentunya ini akan cocok untuk anda yang ingin membuat website dalam waktu singkat, tidak mempunyai kemampuan teknis dan tidak ada waktu untuk mempelajarinya. Beberapa contoh website builder populer adalah Wix, Site Builder, dan Weebly.

Kelebihan dari website builder adalah pengguna mendapatkan paket lengkap membuat website, dari hosting, domain, hingga pilihan template. Pengguna hanya perlu mengganti konten sesuai yang diinginkan dan bisa dibantu oleh support dari penyedia website builder. 

#3. HTML dan CSS

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, HTML atau Hyper Text Markup Language merupakan sebuah koding atau script untuk membuat website statis yang bertujuan untuk mendesain suatu tampilan agar tampak lebih indah dan menarik sehingga pengunjung mau melihat website yang anda kelole, tentu saja, koding HTML ini memiliki banyak jenis dan bentuknya sehingga hanya seseorang yang paham, mengerti dan mengetahui tentang koding HTML-lah yang mampu memprogram serta mendesain tampilan sebuah website dengan rapi dan cakap.

Sementara CSS atau Cascading Style Sheet merupakan kumpulan perintah yang digunakan untuk menjelaskan bagian-bagian dari tampilan sebuah halaman website. Mark-up language atau bahasa markah adalah bahasa pemrograman yang biasanya digunakan membuat website. salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam

Lalu, apa hubungannya HTML dengan CSS? Keduanya sangat berhubungan erat. CSS adalah kode-kode yang dipakai untuk mendesain sebuah laman HTML. Jika HTML diibaratkan sebagai seorang manusia, maka CSS adalah pakaian yang membuat penampilan menjadi semakin menarik. CSS akan membantu para web designer untuk mengubah tampilan teks (baik dari bentuk dan ukuran font maupun warnanya), menambahkan gambar, hingga mengubah latar belakang sebuah halaman HTML.

Jenis Website Berdasarkan Fungsi dan Kegunaanya

Dalam pembuatan website yang anda kerjakan tentunya anda tahu tujuan dan kegunaannya, berikut adalah fungsi dan keguanaan website:

#1. Website untuk Blog

Blog atau Webblog adalah website atau jurnal online yang memuat beragam informasi serta menampilkan postingan terbaru di bagian atas halaman. Konten atau postingan blog diperbarui secara berkala, dan biasanya dikelola oleh satu atau sekelompok kecil user. Meski diatur oleh banyak user, misalnya, pikiran dan opini yang dituliskan tetap berfokus pada satu topik. Inilah pengertian dan definisi blog secara umum. Hanya saja, belakangan ini garis perbedaan blog dan website semakin kabur.

#2. Website untuk Toko Online

Website dapat digunakan untuk membangun atau membuat sebuah website eCommerce atau Onlineshop, tujuan dan fungsinya tentu saja untuk menampilkan dan mendisplay produk-produk yang anda jual di beranda websitenya. Untuk saat ini pembuatan website toko online juga sudah sangat mudah dengan menggunakan CMS, anda bisa memilih beberapa CMS yang memiliki fungsi dan kegunaan untuk membuat onlineshop. 

Dengan memiliki website toko online ini, anda dapat mengarahkan pengunjung atau pembeli anda ke website toko online anda, meskipun mungkin anda sudah menjalankan bisnis online anda di marketplace atau kanal media sosial yang anda miliki. Dengan demikian omset bisnis online anda dapat meningkat seiring dengan banyaknya trafik yang mengarah ke website anda.

#3. Website Company Profile

Jika anda memiliki perusahaan dan ingin agar perusahaan anda dikenal luas oleh banyak orang maka anda bisa membuat profile yang dipublish melalui website. Website company profile merupakan website perusahaan yang digunakan untuk menampilkan informasi dan detail perusahaan anda, website perusahaan atau Company profile pada umumnya memuat halaman atau menu navigasi yang mencakup: Halaman Beranda (Frontpage), Tentang Kami, Visi & Misi, Struktur Organisasi, Layanan, Kontak Perusahaan dan informasi lainnya yang sekiranya perlu untuk diketaui banyak orang.

#4. Website Content Marketing

Sama halnya dengan blog, hanya saja website content marketing ini memiliki fungsi lebih dari sekedar catatan pribadi atau opini, yaitu memuat banyak content-content yang memiliki unsur edukasi, tips, petunjuk panduan tentang sesuatu hal, dan lebih banyak memuat advertorial dari produk atau layanan utama dari pemilik website, tujuan website content marketing ini adalah menarik sebanyak-banyaknya pengunjung untuk membaca artikel dan content yang dibuat. Dengan demikian tujuan kampanye marketing yang dibangun akan berhasil menciptakan traffik yang pada akhirnya dapat terjadi konversi.

#5. Website Institusi & Pemerintahan

Website instutusi & Pemerintah sama seperti website company perusahaan, hanya saja informasi dan konten yang ditampilkan disesuaikan dengan profile dari instutusi yang menggunakannya. Website institusi bertujuan untuk menyampaikan informasi terkait pelayanan publik, sedangkan untuk website pemerintahan juga digunakan untuk memberikan sosialisasi dan arahan kebijakan-kebijakan pemerintah baik pemerintah daerah maupun pemerintahan pusat. Yang membedakan website pemerintah atau institusi dengan website-website selain dari pemerintahan adalah tentang penggunaan nama domain, website pemerintah atau institusi biasanya menggunakan domain yang berextensi atau berakhiran .go.id atau .or.id

#6. Website Sosial Media

Website sosial media untuk saat ini hanya dikuasai oleh startup-startup yang sudah bekembang diatas unicorn seperti facebook dan twitter. website ini menyediakan layanan berbagi sosial atau interaksi sosial melalui online, menjalin pertemanan lewat dunia maya, membangun komunitas dan berdiskusi secara masal semuanya dapat dilakukan di sosial media.

#7. Website Media Sharing

Jika website sosial media memiliki fungsi dan cakupan yang lebih besar yang bukan hanya sekedar berbagi antar penggunanya. Lain halnya dengan website media sharing ini, website ini memungkinkan anda untuk berbagi media baik gambar, file musik, hingga video. User dapat upload ke situs tersebut dan bisa dilihat oleh pengguna lainnya. Contoh website jenis ini ialah seperti souncloud, youtube, dan berbagai web stock photo.

#8. Website Forum Online

Website Komunitas bertujuan dan berfungsi untuk membuat sistem yang dapat memungkinkan untuk berbagai komunitas online di internet dengan berbagai macam topik dan pembahasan. Dengan website komunitas online ini pengunjung website akan mendapatkan informasi terupdate, tentang tips atau tutorial tertentu. Contoh website komunitas adalah kaskus.co.id.

#9. Website E-Learning

Website eLearning merupakan website yang dugunakan dan ditujukan untuk sistem pembelajaran elektronik. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis atas berkembangnya sistem informasi dan teknologi. Dengan eLearning, peserta ajar (pengajar dan murid) tidak perlu lagi berada diruang kelas untuk menyimak materi pembelajaran yang disampaikanoleh seorang guru, dengan eLearning memungkinkan proses pembelajaran dapat ditempuh dengan waktu singkat, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.

#10. Website Berita

Website berita atau juga disebut portal berita ini berisi konten berita dan informasi untuk disebarkan kepada masyarakat luas. Perkembangan website berita sendiri mengikuti perkembangan teknologi internet dan komunikasi yang semakin pesat, salah satu portal berita yang sangat tekenal di Indonesia adalah detik.com. 

Itulah jenis-jenis website yang didasaarkan pada jenis dan fungsi serta kegunaanya masing-masing. Seiring dengan perkembangan teknologi dan kemajuan sistem komunikasi tentunya teknologi juga akan mengikutinya termasuk website juga akan terus berkembang mengikuti arus zaman. 

Berlangganan via Email