Lebih Penting Konten Atau Backlink?

Backlink atau Content

Sebagai sorang blogger kita tentunya sudah sering sekali mendengar istilah "Content is The King", istilah tersebut tentunya benar sekali bagi mereka yang mempercayai bahwa faktor SEO adalah terletak pada konten yang terkandung didalam sebuah website. Lantas apakah ada hal lain lagi yang lebih penting selain konten?, lebih penting manakah antara konten atau backlink?. Ini merupakan sebuah pertanyaan yang debatable. 

Sebuah pertanyaan dari seseorang yang akan memasarkan produk dari sebuah online store (toko online), dia sedang dalam kebingungan untuk memasarkan perlengkapan seni di toko online-nya. Apakah yang harus dia lakukan?, apakah dia cukup untuk sekedar menuliskan deskripsi produk untuk beberapa kalimat saja, ini berarti dia hanya fokus untuk membangun konten melalui sebuah deskripsi yang sarat dengan banyaknya kata dan kalimat. 

Atau pilihan kedua baginya adalah, membuat platform yang terpisah yaitu dengan membuat tautan dari berbagai sumber, baik itu dari blog maupun channel youtube, yang mana dengan itu semua diharapkan akan dapat memberikan banyak tautan ke halaman produk pada website online store-nya. Dalam hal ini sebenernya kita dapat mengambil langkah yang tidak harus memusingkan diri kita, daripada memikirkan hal tersebut dari perspektif SEO lebih baik kita fokus untuk mencari tau bagaimana seseorang bisa mau memberikan tautan ke halaman website kita. 

Sebuah backlink tidak bisa terbentuk secara alami pada halaman produk di website anda kecuali anda bisa memproduksi konten dengan topik yang aktual, unik, hanya andalah satu-satunya sumber referensi yang dibutuhkan, atau juga mungkin produk anda benar-benar sangat diminati pasar. Jika hal tersebut memenuhi kriteria standar maka Anda akan menemukan daftar yang memberikan backlink langsung ke halaman produk di website anda.

Ok!, sebelum kita membahas mengapa konten yang ramah pengguna lebih penting daripada backlink untuk halaman produk pada website anda, mari kita bicara tentang mitos umum dari sebuah konten seperti jumlah kata dan penulisan deskripsi yang panjang, apakah hal tersebut menjamin SEO yang anda lakukan itu akan baik dimata google?.

Jumlah Kata Dan Penulisan Deskripsi Tidak Mempengaruhi Peringkat

Mungkin ada sebagian orang yang meyakini bahwa melakukan penulisan secara panjang lebar untuk mendeskripsikan suatu produk akan memberikan pengaruh terhadap peringkat halaman produk pada suatu website toko online, kalau ada yang demikian bisa jadi mereka belum mengetahui atau tidak paham jenis halaman apa yang mereka kerjakan.

Studi yang menunjukkan jumlah kata yang lebih panjang menghasilkan lebih banyak trafik dan waktu yang lebih lama di halaman. 
  • Mereka tidak memperhitungkan masalah yang lebih spesifik pada halaman websitenya
  • Studi ini mungkin mencakup perincian instruksi halaman, Jurnal Medis, Makalah, Papaer atau dokumen.
  • Sumber halaman yang memuat informasi ilmiah dapat dibaca lebih lama dikarenakan harus bisa memberikan nilai edukasi sehingga harus memuat unsur pendidikan secara penuh. 
  • Halaman website yang memuat halaman produk tidak seharusnya memiliki waktu yang lama untuk berada dihalaman tersebut. 
  • Jika halaman produk anda mengakibatkan proses checkout yang lama, dan membingungkan pelanggan anda, maka itu sama saja website atau situs anda tidak memberikan jawaban atau memberikan solusi untuk mereka. 
Relevansi antara hasil permintaan dengan hasil pencarian adalah seuatu hal yang sangat penting. Jika kueri yang anda coba peringkatkan membutuhkan 50 kata untuk memberikan pengalaman terbaik, maka itu adalah 50 kata, jangan membuatnya menjadi 1.000 hanya karena alasan panjang deskripsi menentukan peringkat. Pastikan juga anda menampilkan 50 kata dalam format terbaik sudah termasuk tabel, list atau numbering, paragraf dan video.

Terakhir, periksa struktur website anda termasuk breadcrumb, internal link, navigasi, dan peta situs (sitemap) anda. Ini semua penting untuk meningkatkan halaman produk yang ingin anda peringkat di mesin pencari. Di atas adalah usaha yang penting anda lakukan jika anda ingin menentukan peringkat halaman produk, bukan jumlah kata minimum.

Konten dan Backlink

Anda memiliki kesempatan untuk melakukan penjualan jika ada pelanggan yang berhasil masuk kedalam halaman produk pada website anda, untuk itu pikirkanlah apa yang dapat anda lakukan untuk bisa memberikan pelayanan dan pengalaman yang terbaik untuk mereka. Jawaban yang tepat untuk apa yang anda pikirkan adalah Copywriting tentang halaman produk anda, Fokuslah pada pembeli anda, bukan backlink ke halaman yang tidak layak.

Copywriting halaman produk harus menjelaskan tentang pengguna akhir (End user) yang memuat informasi tentang persediaan dan keuntungan apa saja yang akan mereka dapatkan. 
  • Jenis produk apa yang bisa digunakan untuk persediaan pada halaman produk?
  • Adakah cara kreatif persediaan ini dapat digunakan yang belum dipikirkan oleh pembeli potensial?
  • Apa yang perlu diketahui pelanggan tentang kompatibilitas pasokan dengan media atau teknik lain?
  • Apakah ada batasan waktu penyimpanan untuk produk?
Pikirkan tentang kebutuhan pelanggan Anda dan mulailah membangun konten Anda dengan cara sebagai berikut:

Langkah #1. Tulisalah Deskripsi Produk

Berikut ini adalah contoh penulisan deskripsi produk yang bagus:
Apakah Anda mencari Kapur gambar yang dapat dinikmati anak-anak anda dengan menggambar di trotoar dan yang dapat Anda gunakan di studio? Anda berada di tempat yang tepat! Merek XY akan memungkinkan Anda membuat jenis pekerjaan A dan B tanpa menodai pakaian anak-anak Anda jika mereka memutuskan untuk mengambilnya untuk uji coba saat Anda tidak melihat.
Kapur XY dapat dibersihkan dari kayu dan ubin dengan menggunakan widget biru. 12 dan 34 fiksatif sempurna untuk menjadikannya fitur permanen sendiri, dan Anda dapat memadukannya dengan widget ungu sehingga tidak berjalan saat dikombinasikan dengan cat dan untuk 123 proyek. Ini menjadikan XY chalk yang paling fleksibel dan sempurna untuk semua proyek terpenting Anda. 
Ada pertanyaan tentang kapur XY? Lihat di bawah untuk menemukan jawabannya!

Langkah #2. Sediakan Jawaban

Sebenarnya untuk menjawab sebuah pertanyaan yang diajukan oleh seseorang itu sangatlah mudah anda bisa menggunakan sebuah alat atau tool yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi anda. Dua alat yang bisa anda gunakan adalah AnswerThePublic dan mesin pencari (google.com). Cukup dengan ketik keyoword "kapur" ke dalam kotak di answererthepublic.com atau buka jendela penyamaran di peramban Anda dan ketikkan "kapur" di mesin pencari pilihan Anda.

AnswerThePublic memberi anda banyak pilihan pertanyaan ketika selesai mengkompilasi pertanyaan Anda. Saat Anda mengetik kata atau frasa ke mesin pencari, mesin pencari akan memberi anda saran secara otomatis saat anda mengetiknya, dari hasil yang diberikan oleh kedua tool tersebut masing-masing bisa anda olah untuk menjadi acuan atau sumber jawaban yang bagus yang bisa anda pasang pada halaman FAQ website anda.

Namun demikian hasil pencarian juga akan menimbulkan pertanyaan bagi seseorang, ini tergantung dari perubahan yang anda gunakan. Gunakanlah ini di halaman produk anda tetapi hanya jika pertanyaannya secara langsung memiliki relevansi dengan produk anda dan bukan produk lain. Jika ada kaitanya dengan produk lain, Maka anda bisa memasukanya pada halaman kategori sebagai gantinya.

Langkah #3. Format dan Publish

Sekarang, saatnya untuk melihat teks dan memformat semuanya dengan benar, perhatikan hal-hal berikut ini: 
  • Jika anda ingin membandingkan jenis atau kit kapur, maka anda harus mempertimbangkan penggunaan tabel HTML karena itu merupakan pilihan terbaik.
  • Jika akan menampilkan daftar warna kapur, maka list bullet bisa menjadi solusi terbaik, hal ini karena daftar warnaa tidak memiliki pengaruh makna 
  • Jika cara menggunakan kapur untuk melakukan tugas, anda bisa menuliskan dengan format daftar pesan.
Intinya anda tidak selalu harus menggunakan paragraph dalam menjabarkan suatu deskripsi atau tulisan, mungkin bagi pengguna ini bukan sesuatu hal yang terbaik. Namun ketika anda melakukan hal tersebut di atas, anda telah menciptakan pengalaman yang luar biasa untuk end user anda, dan ini pada gilirannya akan membuat halaman produk pada website anda bagus untuk SEO.

Dalam hal ini tidak ada kaitanya dengan seberapa banyak jumlah kata yang ada. Akan tetapi ini semua tentang membangun pengalaman dan memastikan bahwa itu semua merupakan pengalaman yang lengkap, dari sinilah anda bisa lebih berkembanga dengan struktur website, kode, script kompresi gambar, dll.

Kesimpulan

Pada dasarnya tidak ada teori yang mutlak yang dapat dijadikan acuan untuk menjawab sebuah pertanyaan mana yang terpenting membagun backlink atau membangun konten. Satu hal yang jelas dan pasti adalah keduanya adalah komponen penting dalam SEO, untuk itu komplementasi adalah cara yang terbaik agar tidak meninggalkan faktor keduanya. 

Semoga bermanfaat!. Jika anda memiliki pandangan dan pendapat lain tentang hal ini silahkan berikan pendapat anda pada kolom komentar dibawah ini. 

Tidak ada komentar untuk "Lebih Penting Konten Atau Backlink?"

Berlangganan via Email