Google Update Mei 2020



Setiap kali google melakukan pembaharuan atau update akan menimbulkan dampak berupa hasil dari  sistem pencarian oleh mesin pencarian ini (Search Engine). Banyak industri terkena dampak atas pembaharuan google ini, sebagai pelaku dan pengguna jasa pencarian google kita perlu mengetahui dan mewaspadai dampak yang ditimbulkan dari perubahaan ini.

Hasil pencarian di mesin pencarian google mengalami perubahan sejak google melakukan pembaharuan (Update) pada tanggal 4 Mei 2020 lalu. Google sudah memperingatkan bahwa pembaharuan ini kemungkinan memerlukan waktu beberapa minggu untuk menyelesaikannnya. 

Berikut beberapa dampak yang ditimbulkan akibat pembaharuan google diantaranya: 
  1. Pencarian Bisnis Lokal
  2. Website Terkait Kesehatan
  3. Gejolak di Seluruh Dunia
  4. Penggunaan Bahasa Secara Bersamaan

Perubahan ini dirasakan oleh banyak pelaku usaha yang mana hasilnya tampak berubah dari jam ke jam dan dari hari kehari. Perubahan masif ini belum ada sebelumnya sejak tahun 2003.

Mengapa Pembaruan ini Menyebabkan Volatilitas Peringkat?

Salah satu alasan hasil pencarian menjadi tidak stabil  dikarenakan beberapa waktu lalu google meluncurkan perubahan ke semua pusat data secara global, dan ketika peramban anda menyentuh pusat data, google bisa saja menerima dan menampilkan data lama maupun data baru.

Ketika pembaharuan atau update diluncurkan oleh google biasanya akan terjadi gangguan terhadap peringkat atau hasil pencarian yang semula posisi stabil bisa terbalik dan bisa minmbulkan kerugian, ini disebut sebagai Pembalikan Positif Palsu.

Positif palsu adalah ketika website yang sebenarnya relevan tetapi secara tidak sengaja tekena dampak dari perubaha atau update. Untuk mengembalikan kondisi sperti maka setelah selesai proses update para insinyur Google akan mengukur umpan balik, dan meninjau hasil pencarian, mengatur dan merapikan Positif Palsu.

Banyak pelaku bisnis pembaharuan ini dianggap sangat merugikan dan menghancurkan usaha mereka, apa yang dilakukan google membuat tidak nyaman disituasi dan kondisi yang sedang mengalami kesulitan. Beberapa kalangan mengkritik google bahwa apa yang dilakukan saat ini terlalu dini dan tidak tepat dilakukan dimasa pandemi yang sedang berlangsung sekarang ini karena telah mempengaruhi banyak sektor industri terutama dalam topik atau kata kunci terkait kesehatan.

Dampak Yang Terjadi Dari Update Mei 2020 Google

#1. Fluktuasi Jenis Pencarian Lokal

Jika sebelumnya hasil pencarian google jenis pencarian lokal ini stabil dan dianggap sesuai algorithma, maka setelah dilakukan pembaruan atau update ini berdampak terhadap jenis pencarian lokal ada banyak laporan yang menyebutkan terjadinya fluktuasi hasil pencarian jenis lokal.

#2. Adanya Dampak Covid-19 dari Algoritma Pencarian

Ada beberapa teori yang terdengar cukup masuk akal yaitu terjadinya pandemi global Covid-19 yang mempengaruhi sebagian algoritma pencarian google, dimana algoritma menentukan apa yang ingin dilihat orang ketika mencari informasi data terkait pandemi yang sedang berlangsung

#3. Gejolak Seluruh Dunia

Pembaruan ini tampaknya benar-benar sudah membuat gejolak bisnis di seluruh dunia, mempengaruhi peringkat pada mesi pencari (SERP). berdasarkan laporan WebmasterWorld menunjukkan telah terjadinya volatilitas dari Amerika Serikat ke Eropa sampai Australia secara bersamaan dan di Jepang sendiri sudah merasakan adanya perubahan dari akibat Update google.

#3. Hilangnya Konten Artikel Pendek.

Banyak yang melaporkan dan mengabarkan bahwa mereka kehilangan konten yang pendek di mesin pencarian, kondisi ini diperkirakan karena perubahan update yang dilakukan google

Tujuan Google May 2020 Update?

Perlu diketahui bahwa google melakukan pembaharuan pada dasarnya tidak untuk menarget industri tertentu. Memang setiap perubahan dan pembaharuan akan menimbulkan dampak yang signifika tertentu bagi sebagian industi tapi bukan berarti industri tersebut menjadi targetnya. 

Seperti halnya google ketika melakukan update sebelumnya google ingin memberikan kualitas dalam pelayanan terhadap pelangganya. Google ingin memberikan data dan informasi yang relevan dan memahami dengan apa yang ingin dan sedang dicari oleh penggunanya, 

Misalnya perubahan untuk memahami maksud pencarian kata kunci yang lebih baik akan memengaruhi peringkat Google pada situs terkait kesehatan. Jika google sudah menentukan bahwa pencari menginginkan jawaban yang ilmiah untuk pertanyaan dengan topik kesehatan maka akan berdampak negatif bagi situs yang memiliki kata kunci "Obat Alami".

Jadi jika ada website atau situs yang terkait kesehatan terpengaruh secarah tidak proposional itu dikarenakan dampak dari algorithma google tentang pemahaman maksud pencari dari proses pembaruan atau Google May 2020 Update.

Faktor-faktor terkait tautan atau backlink juga telah menjadi bagian dari Google May 2020 Update baru-baru ini, seperti ketika Google memutuskan untuk menggunakan beberapa Backlink no-follow secara selektif untuk keperluan pemeringkatan. 

Keuntungan Google May 2020 Update

Google tidak akan menghargai situs untuk kualitas yang tidak memiliki relevansi dalam pencarian kata kunci. Google hanya akan memberikan peringkat situs web untuk seberapa website yang relevan dengan permintaan pencarian.

Apakah Pembaruan Fokus pada Kualitas?

Google selalu terus memberikan pelayanan dan kualitas bagi para pengguna jasas untuk itu google tidak akan memberikan peringkat untuk situs berkualitas rendah. Yang paling penting bagi google  adalah apakah halaman web tersebut memuaskan pengguna ketika mereka membuat permintaan pencarian tertentu. Mungkin google tidak memberi peringkat pada halaman web biasa masuk sebagai situs berkualitas tinggi. namun google memberi peringkat karena halaman web tersebut memiliki relevansi pencarian dan permintaan data.

Kesimpulan

Sangat penting untuk menunggu sampai proses update google kembal tenang sebelum melakukan perubahan apa pun. Mengawasi dan mencoba pahami kenapa situs atau website pesaing bisa menang dalam SERP. Yang terpenting pelajari kenapa website bisa mengatasi maksud dari hasil pencarian sehingga website tersenbut masuk peringkat google. 

Tidak ada komentar untuk "Google Update Mei 2020"