Cara Menulis Posting Blog Yang Menarik Dalam 5 Langkah


Menulis postingan blog diibaratkan seperti sedang mengemudi, Anda bisa mempelajari marka jalan raya (baca: tutorial cara menulis blog yang baik) selama berbulan-bulan. Namun sayangnya anda tidak mempunyai persiapan untuk menghadapi kondisi atau keadaan yang sebenernya seperti ketika anda dibelakang kemudi yang sebenarnya dan berjalan di jalan raya yang sebenarnya.

Anda sebenarnya sudah tahu bahwa untuk bisa mengembangkan dan menumbuhkan bisnis anda salah satunya adalah dengan menulis blog, namun sayangnya anda bingung dan belum tau caranya. Dalam posting ini, saya akan menunjukkan kepada anda bagaimana menulis posting blog yang hebat dan menarik dalam lima langkah sederhana yang akan membuat orang ingin membaca postingan anda. Apakah anda siap? Mari kita mulai.

Cara Menulis Posting Blog dalam Lima Langkah Mudah [Ringkasan]:

  1. Langkah 1: Membuat rencana posting blog anda dengan memilih topik yang sesuai, membuat garis besarnya, melakukan penelitian, dan memeriksa fakta.
  2. Langkah 2: Membuat judul yang informatif yang dapat menarik perhatian pembaca.
  3. Langkah 3: Tulis postingan anda, baik menulis konsep dalam satu sesi atau secara bertahap kata per kata di bagian itu.
  4. Langkah 4: Gunakan gambar untuk menyempurnakan posting Anda, tingkatkan alurnya, tambahkan humor, dan menjelaskan topik yang rumit.
  5. Langkah 5: Edit posting blog Anda. Pastikan untuk menghindari pengulangan, baca posting Anda dengan keras untuk memeriksa alurnya, mintalah orang lain membacanya dan berikan umpan balik, pertahankan kalimat dan paragraf singkat, jangan menjadi perfeksionis, jangan takut untuk memotong teks atau menyesuaikan tulisan anda pada menit terakhir.
Mari kita ulas setiap langkah secara detail: 

Cara Menulis Posting Blog, Langkah 1: Perencanaan

Pertama, Menolak anggapan bahwa seluruh proses penulisan posting blog sering memakan waktu lebih dari beberapa jam, bahkan jika Anda dapat mengetik delapan puluh kata per menit dan keterampilan menulis Anda tajam. Dari awal ide hingga akhirnya mencapai "Terbitkan," Anda mungkin menghabiskan beberapa hari atau mungkin bahkan seminggu "menulis" posting blog, tetapi hal yang terpenting daripada membuang waktu tersebut adalah melakukan perencanaan dan memikirkan postingan Anda (ya, berpikir akan dianggap bekerja jika Anda seorang blogger) sebelum Anda benar-benar menulisnya.

Sebelum duduk didepan layar monitor laptop atau PC untuk memainkan jari jemari anda, Anda harus memastikana sudah memiliki semua yang dibutuhkan untuk menulis. Banyak blogger pemula mengabaikan proses perencanaan, Mungkin anda bisa lolos melewatkan proses tahap perencanaan, mengerjakan pekerjaan rumah akan benar-benar jauh lebih hemat serta dapat membantu anda mengembangkan kebiasaan blogging yang baik.

#1. Pilih Topik Yang Membuat Anda Tertarik.

Ada pepatah jurnalis mengatakan, "Tidak menyenangkan bagi penulis, tidak menyenangkan bagi pembaca." Apa pun bidang yang anda tekuni, sebagai blogger yang dapat dikatakan jurnalis pribadi tentunya anda harus berpegang pada pepatah jurnalis tersebut, segala sesuatu yang dari awal sudah tidak disenangi akan menghasilakn sesuatu yang tidak senangi pula. 

Sebelum Anda melakukan salah satu langkah berikut, pastikan untuk memilih topik yang benar-benar menarik minat Anda. Ketertarikan anda terhadap segala sesuatu dapat dituangkan kedalam sebuah tulisan atau postingan blog, tentunya hal ini akan memberikan kemudahan bagi anda dalam menjabarkan dan mengulas seputar topik yang sudah menjadi ketertarikan anda. 

Ketertarikan terhadap topik yang menjadi minat seorang blogger akan menimbulkan antusiasme tersendiri dalam pembuatan konten, blogger akan merasa happy dan senang dengan apa yang dia kerjakan karena memiliki energi yang berbeda dibandingkan dengan perasaan yang tidak happy pada saat menulis dikarenakan dia tidak tertarik dengan topik yang akan ditulisnya.

Ciri khas seorang blogger profesional adalah kemampuan untuk menulis dengan baik tentang segala topik yang akan ditulisnya, tidak peduli seberapa keringnya topik tersebut. Akan tetap kegiatan blogging jauh lebih mudah, jika Anda bisa mengumpulkan setidaknya sedikit antusiasme untuk topik yang sedang dibahas, dan itu hanya bisa dilakukan jika anda merasa tertarik dengan topik tersebut.

#2. Tulis Garis Besar Postingan Anda.

Membuat posting blog yang bagus tidak terjadi begitu saja, bahkan seorang blogger professional terbaik pun perlu ide kasar untuk mewujudkanya. Di sinilah garis besarnya. Garis besar tidak perlu panjang, atau bahkan harus rinci - itu hanyalah panduan saja untuk memastikan agar tulisan anda tidak melantur atau meyimpang dari topik pembahasan. 

Contoh garis besar untuk postingan: 

Pengenalan
[Ringkasan singkat menjelaskan apa yang akan dibahas oleh posting blog]

Bagian 1 - Merencanakan Posting Blog
  • Hal-hal yang harus dilakukan blogger sebelum mengetik tulisan - garis besar, penelitian dll
Bagian 2 - Menulis Posting Blog
  • Tips dan cara fokus pada penulisan, Tips produktivitas untuk blogger
Bagian 3 - Menulis Ulang/ Edit Posting Blog
  • Teknik mengedit sendiri, hal-hal yang harus diperhatikan, kesalahan blogging umum
Bagian 4 - Mengoptimalkan Postingan Blog
  • Cara mengoptimalkan posting blog secara SEO On-Page,  Membagikan postingan / keterlibatan sosial, dll
Bagian 5 - Kesimpulan
  • Selesai
Tujuan dari garis besar ini adalah untuk memastikan dan mengetahui apa yang anda rencanakan untuk pembahasan topik, dalam urutan apa berbagai bagian akan muncul, dan beberapa detail lain yang akan dimasukkan setiap bagian.

#3. Lakukan Riset

Salah satu rahasia terbesar seorang blogger profesional yang tidak pernah diketauhui adalah bahwa mereka sebenarnya tidak tahu tentang segala sesuatu, dan hal ini dianggap sempurna oleh sebagian orang mereka tidak mengetahui yang sebenarnya bahwa terkadang seorang blogger tidak tahu apa-apa tentang suatu topik sebelum duduk didepan laptop dan memainkan jari jemarinya untuk menulis konten postingan blog 

Namun demikian tidak berarti bahwa semua blogger adalah penipu. Justru dari ketidaktahuan mereka bisa menjadi hebat karena dengan demikian mereka akan berusaha keras untuk mencari tahu dan melakukan penelitian untuk topik tertentu. Jika anda membuat blog untuk mendapatkan penghasilan, anda harus merasa nyaman untuk beralih dari satu satu topik ke topik lainya, namun jika anda tidak tahu apa-apa tentang itu. Maka hal yang paling memungkinkan untuk melakukan ini adalah melakukan penelitian agar dapat menulis secara otoritatif tentang bidang subjek yang baru untuk anda, agar dapat menghasilkan postingan blog dengan baik dan benar.

Kesalahan besar bagi blogger pemula jika mereka selalu bergantung pada wikipedia sebagai sumber utama referensi mereka. Wikipedia memang memiliki ribuan artikel yang telah diteliti dengan sangat baik, tetapi itu tidak sempurna, dan fakta-fakta yang salah bisa saja masuk kedalam artikel tersebut tanpa disadari oleh tim editor situs. Ditambah juga setiap fakta yang dapat diverifikasi di situs dikutip dari tautan situs lain, jadi mengapa anda harus mengutip dari sumber perantara, bukan dari sumbernya langsung?.

#4. Cek Fakta Yang Sebenarnya

Pada konferensi teknologi terbesar beberapa tahun lalu seorang jurnalis bertugas meliput even tersebut, dan karena dibawah tekanan tenggat waktu yang sangat ketat ia telah dituntut melakukan pekerjaan besar dalam menulis salinan yang bagus dalam waktu singkat, tetapi ia gagal memeriksa fakta-fakta dengan baik. Dia mengutip sebuah artikel dari Forbes di mana sang penulis mengklaim Steve Jobs menggunakan PowerPoint di atas panggung - sesuatu yang tidak pernah terjadi. Itu adalah jurnalisme malas pada bagian dari penulis Forbes, dan kesalahan yang mudah dibuat, tetapi hasilnya sama yaitu menghasilkan satu artikel yang kurang di cek fakta sebenarnya dan ini dapat mempengaruhi informasi yang lain karena kedua penulis gagal melakukan uji tuntas mereka.

Anda akan memiliki pengalaman yang berharga dengan melakukan kesalahan besar, karena pada dasarnya semua orang pernah membuat suatu kesalahan, namun menghindari potensi kesalahan itu sngat penting. Jika anda sebagai seorang blogger pemula yang sedang membangun reputasi dir anda dan organisasi atau perusahaan yang anda bawa, anda akan mendapat pukulan besar jika anda memposting informasi yang tidak akurat yang belum di cek fakta dan kebenaran informasinya, dan jika blog yang anda kelola memiliki jutaan pembaca setia atau pelanggan tetap Anda mereka akan langsung bereaksi dengan membully anda dan perusahaan anda, tentunya hal ini akan menghancurkan reputasi yang sudah susah payah dibangun.

Cara Menulis Posting Blog, Langkah 2: Menulis Judul Besar

Ada dua pendekatan utama yang dapat anda ambil untuk menulis berita utama posting blog. Anda dapat memutuskan judul berita utama anda sebelum menulis sisa posting anda (dan menggunakan informasi utama anda untuk menyusun kerangka anda), atau anda bisa juga menulis artikel postingan blog anda dengan judul yang berfungsi dan melihat apa yang cocok ketika anda selesai menulis postingan blog.

Anda tidak perlu mengikuti strategi yang kaku. Anda boleh memunculkan headline yang kuat sejak awal, karena anda juga memiliki banyak pekerjaan postingan yang lain. Meskipun situs-situs seperti Upworthy bisa dibilang menghancurkan penulisan internet dengan tajuk clickbait mereka, proses di balik tajuk situs memiliki manfaat, karena memaksa anda untuk benar-benar memikirkan posting anda dan bagaimana menarik perhatian audiens anda.

Menyajikan angka-angka dalam sebuah tajuk utama yang dibingkai dalam konteks memberikan saran yang dapat ditindaklanjuti ke marketing dan startup lain. Posting blog "studi kasus" seperti ini sering berkinerja baik, karena sifatnya yang transparan (yang menarik dari segi bisnis, dan orang-orang  yang sukses menjalankannya) dan sudut "bagaimana-untuk" akan menarik orang yang ingin mencapai hal yang sama dengan mengikuti contoh nyata.

Teknik umum lainnya adalah mengajukan pertanyaan di tajuk utama anda. Jika dilakukan dengan baik, maka ini bisa sangat efektif, seperti dalam contoh berikut:
  • Dapatkah Algoritma Menulis Cerita Berita Lebih Baik Daripada Reporter Manusia?
  • Apakah Anda Akan Menjadi Bagian dari Sistem Peringatan Covid-19?
  • Apa yang Dilakukan Uber, Manfaat, dan Kesehatan Masyarakat di Perkampungan Kumuh Kenya?
Menulis berita utama sebuah postingan blog adalah sebuah seni sama halnya dengan ilmu pengetahuan, tetapi untuk sekarang, semua yang disarankan adalah melakukan eksperimen dengan  sesuatu yang memiliki kegunaan untuk audiens anda. Jika pembaca postingan anda menginginkan studi kasus yang sangat spesifik tentang cara melakukan sesuatu, akan lebih baik biarkan saja mereka mereka mengirimkan pertanyaan. namun, jangan melakukan sesuatu hal hanya karena orang lain, apa lagi jika itu tidak beresonansi dengan audiens Anda.

Cara Menulis Posting Blog, Langkah 3: Bagian Penulisan

Setelah anda melakukan penelitian pada tahapan perencanaan dan dilanjutkan dengan menentukan judul postingan yang akan tulisa, dan selanjutnya anda sekarang untuk siap melakukan penulisan postingan blog yang sesungguhnya. Jadi lakukanlah. 

Sama halnya dengan berita utama, ada dua pendekatan utama untuk dalam menulis blog. Anda bisa duduk dan menulis seluruh konsep dalam satu alur kerja, atau anda dapat mengatasinya secara bertahap dari waktu ke waktu. Tidak ada aturan baku dalam hal ini, hanya apa pun yang cocok untuk anda, maka lakukanlah!. Akan tetapi disarankan untuk menyelesaikan sebanyak mungkin dalam satu sesi, hal ini tentu akan membuat lebih mudah agar anda tetap fokus pada topik tertentu, meminimalisir kemungkinan anda melupakan poin-point penting.

Bisa karena terbiasa mungkin ini pribahasa yang tepat untuk anda dalam menulis postingan blog, menulis menjadi lebih mudah dan lebih alami saat anda melakukannya. Saat pertama kali memulai, anda mungkin membutuhkan waktu seminggu atau lebih untuk menulis postingan blog, tetapi dengan latihan, anda akan menciptakan postingan yang bagus dalam hitungan jam. Banyak blogger memperkenalkan postingan bagaimana cara dan strategi yang bagus menulis sebuah postingan blog. 

Cara Menulis Posting Blog, Langkah 4: Menggunakan Gambar Secara Efektf

Membuat artikel tulisan di blog berbeda dengan membuat tulisan di media cetak. Seringkali, penulis tidak punya waktu, kemauan, atau kemampuan untuk fokus pada postingan blog yang panjang tanpa memasukan gambar atau foto. Bahkan posting blog yang diformat dengan baikpun yang hanya terdiri dari teks saja, kemungkinan akan membuat pembaca anda merasa bosan dan lebih baik kembali berselancar ke sosial media dalam hitungan menit, itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk memasukkan gambar dalam posting Anda.

Gambar Akan Membantu Alur Postingan Anda Lebih Efektif

Salah satu alasan paling penting untuk memasukkan gambar dalam posting blog anda adalah untuk memecah teks atau tulisan. Pembaca blog akan merasa jenuh dengan postingan yang hanya menampilkan rangkaian teks dan kata. Penempatan gambar dan infografis akan memberikan efek visual yang dapat menarik minat pembaca, fungsi lain gambar adalah sebagai penekanan topik masalah atau ilustrasi dari tema yang dibangun. 

Gambar Membuat Punchline Visual Lebih Menarik

Pada dasarnya semua orang menyukai humor dan tawa, jika anda memilih gambar dengan baik maka dapat membantu meringankan kesan postingan anda yang membosankan, untuk itulah anda harus menyisipkan humor yang sangat dibutuhkan ke dalam sebuah karya. Ini bisa sangat efektif jika Anda menulis tentang topik yang garing (atau membosankan).

Gambar Membuat Topik Yang Sulit Mudah Dipahami

Topik terkait pemasaran digital (digital marketing) dan ratusan topik niche lainnya bukan subjek yang mudah dipahami dan diakses oleh pendatang baru. Itulah sebabnya gambar adalah bagian penting dari perangkat blog anda jika anda ingin memperluas jangkauan audiens anda. Diagram, bagan, infografis, tabel, dan aset visual lainnya dapat membantu pembaca anda memahami topik-topik abstrak atau kompleks dan memahami poin-poin yang anda anda coba buat.

Cara Menulis Posting Blog, Langkah 5: Bagian Pengeditan

Jika menulis postingan blog itu sulit, maka mengedit posting blog jauh lebih sulit. Banyak orang keliru menganggap bahwa pengeditan hanya dilakukan untuk memperbaiki kalimat atau tanda baca yang mencolok, dan dianggap tidak berfungsi dengan memperbaiki kesalahan tata bahasa. Meskipun struktur kalimat dan tata bahasa keduanya sangat penting, pengeditan adalah tentang melihat bagian itu secara keseluruhan dan, kadang-kadang, bersedia menghilangkan kata-kata yang sudah ada demi kesesuaian kalimat.

Berikut beberapa tips dan saran pengeditan untuk memperketat tulisan anda sehingga akan menjadikan pembaca anda terus membaca:

#1. Hindari Pengulangan Kata

Tulisan postingan akan lebih enak untuk dibaca tanpa adanya pengulangan kata atau frasa tertentu. Setelah Anda selesai dengan konsep pertama dari posting blog Anda, bacalah dan periksa kata-kata yang dapat diganti untuk menghindari pengulangan.

#2. Baca Posting Anda Dengan Keras untuk Memeriksa Alur Kalimat

Ini adalah trik yang dipelajari banyak penulis dalam sebuah lokakarya. Jika sebuah karya terbaca dengan canggung, itu mungkin akan terbaca dengan aneh di benak pembaca anda. Ini mungkin tampak agak aneh, tetapi paksakan diri anda untuk membaca posting anda dengan keras untuk memeriksa kemacetan atau kalimat yang dibuat-buat. Anda menemukan diri anda berjuang dengan aliran kalimat? Kerjakan secara ulang sampai menggulung lidah anda.

#3. Minta Bantuan Orang Lain Untuk Membaca Tulisan Anda

Jika anda seorang blogger pemula hal ini sangat penting untuk dilakukan. Meminta bantuan teman atau kolega untuk memeriksa pekerjaan tulisan anda bukanlah meminta untuk anda memberikan pengakuan kelemahan atau ketidak berhasilan anda. Namun ini lebih dari upaya atau komitmen untuk membuat hasil dari pekerjaan menulis anda bisa menghasilkan postingan yang baik dan berkualitas.

Idealnya, mintalah seseorang yang memiliki pengalaman mengedit untuk membuktikan pekerjaan anda. Selain itu, pastikan mereka memahami bahwa anda tidak mencari bantuan untuk menemukan kesalahan ketik atau kesalahan tata bahasa, tetapi anda ingin mendengar pendapat mereka tentang alur karya dan apakah itu masuk akal secara struktural.

#4. Jaga Kalimat Singkat dan Paragraf Lebih Pendek

Dalam membuat tulisan atau postingan website usahkan kalimat yang digunakan sesingkat mungkin, karena postingan akan lebih mudah dibaca, membuat pekerjaan audiens anda lebih mudah. Kalimat yang lebih pendek juga mengurangi kemungkinan melenceng. Sebagai contoh, saya baru-baru ini menemukan sebuah kalimat dalam sebuah opini di Wired yang memiliki tidak kurang dari tujuh klausa bawahan, sebuah dosa editorial yang besarnya hampir tak terbayangkan.

Paragraf juga harus pendek dan komprehensif. Semakin pendek paragraf, semakin besar kemungkinan pembaca anda untuk melanjutkan. "Aturan" struktur paragraf telah sedikit melenceng sejak penerbitan berbasis web menjadi norma, tetapi cobalah untuk menggunakan ide-ide pribadi ditampung kedalam paragraf pendek mereka sendiri yang rapi dan pendek.

#5. Terima Bahwa Posting Blog Anda Tidak Akan Sempurna

Tidak ada yang namanya tulisan postingan blog yang sempurna, Anda harus menyadari hal itu dan semakin cepat Anda menerima kenyataan ini, akan semakin baik. Buat setiap posting sebaik mungkin, belajar dari pengalaman, lalu lanjutkan menulis.

#6. Jangan Takut Melakukan Pemotongan atau Beradaptasi dengan Cepat

Anda mungkin lupa, ketika memasukkan bagian dalam contoh garis besar untuk posting ini yang membahas tentang mengoptimalkan posting blog untuk SEO. Hal itu sepenuhnya bermaksud untuk menulis bagian ini, tetapi ketika melihat bagaimana draf pertama dibentuk, kita menyadari bahwa ini adalah topik yang terlalu substansial untuk ditangani dalam suatu postingan. Akibatnya, harus membuat keputusan untuk memotong bagian ini dari postingan. Hal ini sengaja dibiarkan kerangka tersebut tetap utuh untuk menunjukkan bahwa anda tidak perlu takut membuat keputusan editorial seperti ini.

Kecuali ada sesuatu yang benar-benar HARUS anda sertakan (katakanlah, bagian yang diharapkan oleh tim penjualan atau manajerial Anda di postingan yang anda setujui untuk dikirim), garis besar Anda tidak diukir dengan batu. Ingat - garis besar adalah pedoman, bukan serangkaian perintah yang tidak dapat diubah. Jika sesuatu tidak berfungsi, apakah itu kalimat, paragraf, atau bahkan seluruh bagian, jangan ragu untuk melakukan pemotongan. Bersikaplah kejam dengan pekerjaan Anda.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menulis Posting Blog Yang Menarik Dalam 5 Langkah"