Cara Mendapatkan Uang Dari Menjual Produk Informasi

Menjual Produk Informasi

Mungkin anda sedang bingung kira-kira bisnis atau jualan apa yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan tren bisnis online seperti saat ini, mungkin anda sedang berpikir keras untuk menemukan sebuah ide untuk berbisnis atau berjualan dengan produk yang unik dan belum atau masih jarang orang menjualnya. Jika memang demikian yang sedang anda pikirkan berikut ini akan saya tunjukan ide bisnis yang masih belum banyak dilakukan oleh kebanyakan orang di Internet, lalu produk apa itu?. Jual Produk Informasi, 

Pada tulisan ini saya akan menunjukan bagaimana cara menemukan pasar atau tempat untuk menjual produk informasi yang anda jual, dan saya juga akan menunjukan kepada anda bagaimana cara membuat dan cara memasarkan produk informasi anda.

Peluang Menjual Produk Informasi

Perkembangan internet yang disusul dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, telah merubah sistem dan gaya hidup masyarakat modern sekarang ini, dampak tersebut juga berpengaruh terhadap sistem dan tren bisnis yang semula masih setia mempertahankan sistem konvensional sekarang harus dipaksa untuk mengikuti perubahan yang sedang berlangsung, mereka tidak bisa mengelak dan hanya memiliki dua pilihan maju atau mati.

Bisnis eCommerce telah tumbuh secara eksponensial selama dekade terakhir dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat atau dengan kata lain bisnis ini berjalan sangat pesat. Fakta yang harus anda ketahui adalah bahwa populasi seluruh dunia pada bulan april 2020 pengguna internet aktif hampir mencapai 4,5 milyar, dan ini pastinya akan menjadi potensi besar bagi anda untuk memanfaatkan internet untuk melakukan penjualan online.   

E-tailer besar seperti Amazon dan eBay, serta pengecer tradisional seperti Walmart, dan di Indonesia sendiri banyak marketplace atau eCommerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee dan lain-lain, memang mereka semua adalah pemain besar yang sudah menggunakan jaringan bisnis online yang kuat, namun anda jangan melihat sistem bisnis mereka, anda jangan lantas putus asa untuk menjalankan bisnis atau jualan online anda, justru anda memiliki peluang besar untuk menjalankan bisnis jualan online anda dengan ikut bekerjasama dengan mereka.

Mengenal Apa Itu Produk Informasi?

Produk informasi merupakan sebuah paket informasi yang dapat atau memiliki nilai pengetahuan yang bisa memberikan manfaat, nasehat atau petunjuk terkait tata cara untuk memecahkan solusi atau masalah yang dihadapi orang, Terlepas dari namanya sebagai produk informasi, produk ini juga harus dapat memberikan tips dan strategi untuk memberikan kehidupan orang menjadi lebih mudah. Produk informasi ini dapat dapat dikemas kedalam bentuk digital bisa berupa E-Book, Video, Audio, Web Binar atau bisa dalam bentuk keanggotaan dalam situs website yang menyediakan layanan jasa produk informasi. 

Produk informasi konvensional yang sebelumnya dipasarkan sebelum booming bisnis online umumnya adalah bebentuk fisik, contihnya adalah CD, DVD dan buku cetak, itu semua merupakan produk-produk informasi, karena konten yang terkandung memberikan informasi dan tips untuk memecahkan solusi. Namun untuk produk informasi yang saya maksud disini adalah produk informasi yang berbentuk digital elekronik dimana produk informasi ini dapat di kirim melalui email atau dapat di download di website keanggotan yang berbayar. Untuk produk informasi yang umumnya di jual disini adalah dalam bentuk eBook dengan format PDF.  

Alasan kenapa produk informasi yang dijual harus berupa produk digital elektronik, hal ini dikarenakan dengan produk yang dikemas kedalam bentuk tersebut akan memberikan kemudahan bagi anda dan pembeli produk untuk dapat memesannya kapan saja dan dimana saja, dan pembeli produk juga akan mendapatkan produk mereka secara instan dan realtime, tanpa perlu menunggu waktu lama, cukup dengan ketersediaan koneksi internet, maka pembeli sudah bisa langsung mendownload atau mengakses produk yang dipesan. Sementara itu keuntungan dari sisi penjual produk informasi adalah efisiensi biaya bahkan hampir tidak keluar biaya sama sekali, karena anda tidak mengeluarkan biaya percetakan dan biaya pengiriman.

Usaha yang harus anda lakukan untuk menangani penjualan produk informasi adalah pengawasan dan pelayanan, untuk usaha atau bisnis apapun tentunya anda harus menangani layanan pelanggan dan mengawasi penjualan agar semuanya dapat dikendalikan dengan baik, namun demikian usaha tersebut akan jauh lebih mudah daripada anda harus melakukan pengawasan dan pelayanan ntuk produk fisik yang anda jual dimana anda harus melacak dan mengirim pesanan ke pelanggan untuk memastikan sudah diterima atau belum.

Mengapa Memilih Menjual Produk Informasi?

Mungkin anda berpikir kenapa harus memilih untuk menjual produk informasi dari pada produk lain yang berupa fisik yang banyak dibutuhkan masyarakat. Berikut saya jelaskan beberapa alasan kenapa harus memilih produk informasi? kaena produk informasi itu mempunyai keunggulan yang tidak ada di penjualan produk yang lainnya, keuanggulan tersebut adalah: 
  1. Menjual produk informasi itu sangat murah, mudah bahkan hamir tidak mengeluarkan biaya sama sekali untuk memproduksinya satu-satunya biaya yang anda keluarkan adalah biaya hosting untuk sewa server dan penempatan file website anda, biaya hosting umumnya sudah mencakup paket domain website yang hanya memakan biaya 500 ribu pertahun. Untuk produksi sendiri yang anda butuhkan adalah ide dan gagasan untuk membuat produk informasi baik berupa tulisan kedalam format PDF, rekaman video, ataupun rekaman audio yang kemudian di kemas kedalam paket penawaran produk. 
  2. Dari sisi penyimpanan jelas produk informasi digital tidak memerlukan ruang atau tempat stockist, yang dibutuhkan hanyalah sewa server dan ini biasanya sudah cukup dari jasa pelayanan hosting untuk website anda dan ini sangat murah sekali hanya memakan biaya  sekitar 500rb setahun. Jika dibandingkan dengan menjual produk fisik, anda pastinya membutuhkan tempat khusus untuk menyimpan barang-barang produk anda, belum lagi jika barang anda tidak laku terjual tentunya akan sangat memakan tempat dan waktu.
  3. Kemudahan dalam distribusi atau pengiriman produk dikatakan realtime kapan saja dan dimana saja, anda hanya cukup memberikan akses atau mengirimkan produk informasi melalui email ke pelanggan atau pembeli produk informasi, dengan begitu dari pihak pembeli tidak perlu mengunggu waku lama untuk menerima produk yang dibelinya, dari sisi penjual, anda tentu tidak perlu mengeluarkan biaya pengiriman itu berarti anda tidak mengeluarkan biaya saama sekali.
Adanya kekhawatiran bagi anda penjual produk informasi tentang produk yang sudah anda buat susah payah nantinya akan di jiplak atau disebarluaskan secara gratis tentunya sangat beralasan, dan itu merupakan salah satu resiko dari sebuah bisnis, namun demikian percayalah pada pelanggan anda, bahwa 99,9% pelanggan anda tidak akan melakukan itu. 

Jikapun ada orang-orang yang melihat dan mendapatkan produk informasi anda tanpa harus membayar terlebih dahulu ke anda, apa yang mesti anda lakukan?, maka anda harus perpikir positif thinking aja, karena itu berarti mereka sangat menyukai produk anda dan mengakui bahwa produk anda adalah produk yang bermanfaat, so...!! jangan permasalahkan mereka, toh itu hanya beberapa orang saja, anggap saja mereka fans berat produk anda yang suatu saat akan membeli produk dan layanan anda yang lain. 

Bagaimana Cara Menemukan Pasar Yang Menguntungkan Untuk Menjual Produk Informasi?

Bagaimana cara membuat produk informasi anda sendiri, dan bagaimana menjadikan produk informasi yang anda buat menjadi produk yang best seller?.  

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan riset, anda perlu mengikuti tren dan mencari tahu segmen pasar online apa yang paling menguntungkan saat ini dan format produk informasi apa yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tempat yang bagus untuk memulai bisnis atau jualan produk informasi adalah minat dan kemauan anda sendiri. Dan jika anda dapat mencocokkan bisnis online sesuai dengan minat anda, maka itu artinya anda sudah siap untuk memulainya.

Jadi mulailah dengan minat dan bakat yang anda miliki. dan selanjutnya lakukan pengecekan ke pasar online apakah niche atau topik anda tersebut banyak diminati pasar, misalnya. Cari di blog, grup Facebook, dan forum online untuk diskusi tentang niche ini. Lihatlah berita utama - apakah itu disebutkan? Lihatlah retailer seperti Amazon atau eBay untuk melihat produk apa yang mereka miliki untuk dijual di segmen ini.

Untuk melakukan pengecekan dan perbandingan produk informasi di Indonesia anda bisa mengunjungi sumber-sumber yang khusus menjual produk informasi digital atau marketplace khusus untuk produk digital yaitu ratakan.com dan cafedigital.id, disitu anda bisa melihat banyak produk informasi dalam bentuk digital yang dijual dan dipasarkan, anda bisa melihat dan mencari referensi atau acuan kira-kira produk apa yang sesuai dengan niche anda.

Dari semua sumber ini, anda akan mengetahui apakah ini tren yang cocok dengan potensi penjualan atau tidak. Anda juga harus meneliti jenis produk apa yang ditawarkan, topik yang dibahas, harga yang sesuai ini juga merupakan data pasar penting yang dapat anda gunakan untuk memandu saat anda membuat dan menjual produk informasi serupa. Dari sumber informasi diatas bukan berarti anda harus menjiplak atau meniru utuh, namun anda hanya mencari inspirasi saja.

Setelah anda menemukan pasar yang anda sukai dan juga menguntungkan, sekarang saatnya anda untuk benar-benar menciptakan produk untuk pasar ini.

Bagaimana Cara Membuat Produk Informasi?

Membuat produk informasi apapun bisa anda lakukan selama informasi yang akan anda jual itu benar-benar memiliki manfaat untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh banyak orang, point utamanya adalah memberikan manfaat, apapun itu bentuk dan format dari produk informasi yang akan anda jual point tersebut mutlak harus ada, manfaat yang ada dalam produk tersebut bisa berupa; tips, saran, panduan, kiat dan petunjuk untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh pembeli produk. 

Untuk membuat produknya sendiri sangat mudah, produk berupa E-Book, majalah dan produk sejenisnya anda bisa membuatnya dengan aplikasi Microsoft Word atau menggunakan Google Docs yang nantinya tinggal anda simpan hasil tulisan tersebut ke dalam bentuk atau format PDF, sementara itu untuk desain cover atau sampulnya anda bisa membuatnya di Photoshop atau Corel Draw, atau jika anda ingin lebih professional lagi dalam memasarkan produk informasi anda, silahkan anda cari jasa freelancer seperti Fiverr.com namun anda harus mau mengeluarkan sedikit uang - hanya dengan $5. Ini akan memberi produk anda tampil dengan nuansa yang sangat profesional.

Jika produk informasi yang akan anda jual berupa video maka untuk merekam video, anda dapat menggunakan Smartphone anda atau kamera sederhana. Setelah anda memiliki file video "mentah", tentunya masih belum bisa untuk anda launching, untuk itu anda perlu mengedit file video tersebut agar menghasilkan video yang bagus dan sempurna, untuk mengedit file video anda dapat menggunakan perangkat lunak atau software pengeditan video yang intuitif seperti iMovie (jika Anda menggunakan Mac) atau jika operating sistem yang anda gunakan adalah windows anda bisa mengguakan Windows Movie Maker untuk membuat video anda sendiri yang agar menghasilkan editan yang bersih dan jernih.

Solusi untuk membuat produk informasi dalam bentuk video adalah membuatnya dengan teknik presentasi menggunakan powerpoint atau keynote yang direkam dengan menggunakan software perekam layar  untuk video slide anda saat anda sedang mempresentasikan materi utama produk informasi anda. Teknik ini sangat bagus dan cocok untuk orang-orang yang pemalu saat berada di depan kamera tetapi ingin menyampaikan dan menjelaskan secara detail melalui video. Untuk aplikasi software perekam layar monitor anda bisa menggunakan Camstasia atau ScreenFlow.

Untuk pembuatan produk informasi dalam bentuk audio atau suara juga bisa dilakukan dengan sangat sederhana. Cukup gunakan GarageBand (jika anda menggunakan Mac) atau aplikasi perekam suara di Windows Media Player untuk merekam suara anda. Untuk merekam suara tentunya anda harus membutuhkan mikrofon silahkan anda siapkan untuk peralatan yang satu ini. Dan jika anda ingin lebih hemat dan praktis anda dapat menggunakan aplikasi perekaman suara pada ponsel cerdas atau SmartPhone Anda untuk merekam suara anda.

Bagaimana Jika Anda Merasa Anda Bukan Seorang Ahli di Bidang Ini?

Jika anda khawatir karena anda merasa bahwa anda tidak begitu ahli untuk membuat materi atau konten tentang produk informasi yang anda buat, jangan khawatir! anda masih tetap bisa untuk melanjutkan proyek anda ini dan anda tetap bisa mempromosikan produk informasi anda, namun untuk melakukan ini ada sedikit konsekwensi biaya yang harus anda keluarkan, dan anggap ini adalah modal pertama anda 

Ada 2 cara yang bisa anda lakukan untuk membuat produk informasi seolah adalah ide dan gagasan anda sendiri yaitu: 
  1. Cara Pertama, Menyewa pengarang atau narasumber untuk dibuatkan materi atau konten yang sesuai dengan topik yang sudah anda tentukan, memintanya untuk dibuatkan atau menuliskan eBook buat anda, atau anda juga bisa mewawancarai narasumber menggunakan layanan Skype, GoToWebBinar, GoogleMeet atau yang sekarang sedang populer dengan menggunakan aplikasi Zoom dari hasil wawancara tersebut anda bisa merangkum atau merekam wawancara yang hasilnya nanti dapat dijadikan rangkuman dalam bentuk tulisan eBook.
  2. Cara Kedua, Membeli Produk orang lain, disini adalah anda membeli hak atas produk orang lain untuk dijadikan hak milik anda, ini berarti anda berhak untuk mengedit, merubah, menambah dan mendistribusikan produk dengan atas nama anda sendiri, sitem penjualan produk seperti ini biasa di sebut PLR (Private Label Right) hak label pribadi.
Itulah 2 cara yang dapat anda lakukan untuk bisa membuat produk informasi, jika anda merasa diri anda bukan seorang ahli atau kurang memiliki pengetahuan di bidang tersebut namun anda merasa yakin bahwa materi tersebut cocok untuk dijadikan sebuah produk Informasi. Kuncinya adalah Kemauan dan keyakinan serta kreatifitas, anda tidak perlu menjadi seorang ahli untuk membuat produk informasi.

Bagaimana Cara Memasarkan Produk Informasi Anda?

Memasarkan produk informasi sama halnya seperti memasarkan produk fisik pada umumnya, melalui bisnis online keduanya tidak jauh beda, anda bisa memanfaatkan banyak kanal yang tersedia. berikut beberapa cara yang pemasaran produk informasi: 
  1. Melalui Website atau Blog, Anda bisa memasarkan produk informasi yang sudah anda buat kedalam blog atau website anda, memasarkan produk informasi dengan cara ini cukup hemat dan murah, namun syarat utama anda harus memiliki teknik dan skill serta pengetahuan tentang ilmu SEO agar website anda dapat menempati posisi pertama pada halaman mesin pencarian. SEO mutlak di perlukan agar dapat menciptakan trafik lalulintas kunjungan atau visitor ke website atau blog, dengan demikian berpotensi produk kita dilihat oleh banyak orang. sehingga kemungkinan membeli produk juga sangat besar. 
  2. Melalui Sosial Media, Sosial media merupakan cara ampuh bagi para marketer untuk memasarkan produk-produk yang mereka jual, dan anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk informasi anda, anda bisa memposting di Facebook, Twitter, Instagram atau akun sosial media lain yang anda miliki. jalin pertemanan sebanyak-banyaknya dan share atau bagikan tautan produk informasi anda.
  3. Melalui SEM, Jika anda sudah melakukan teknik SEO untuk mengoptimalkan website atau blog anda agar bisa menempati posisi pertama halaman pencarian di google, akan tetapi SEO secara organik butuh watu lama untuk mencapai itu. dengan SEM (Search Engine Marketing) maka website atau blog anda akan langsung berada dihalaman pertama google dalam hitungan menit. SEM merupakan metode berbayar atau sering disebut dengan PSA (Paid Search Advertising) ini merupakan bentuk iklan di mesin pencarian agar mempercepat terjadinya trafik atau lalulintas kunjungan ke website kita.
  4. Melalui MarketPlace Produk Digital, Salah satu marketplace yang khusus untuk menjual produk digital dan produk informasi adalah situs Ratakan.Com, Ratakan juga merupakan Aplikasi Bisnis Digital serta jaringan asosiasi produk digital Indonesia yang menyediakan platform untuk pengusaha produk digital untuk menjual produk mereka dengan bergabung sebagai Pemilik Produk dan juga para pemasar online untuk mempromosikan produk digital yang terdiri dari ebook, video atau perangkat lunak yang tersedia dalam berbagai kategori sebagai perantara (Afiliasi).
Itulah beberapa cara memasarkan produk informasi yang mungkin bisa anda jadikan pertimbangan untuk memilih mana yang sesuai dan tepat untuk produk anda, dan tentunya juga atas pertimbangan rasional anda. Bagaimana apakah anda sudah siap untuk berjualan produk informasi?, silahkan tentukan keputusan anda sekarang juga, jika anda merasa tulisan ini bermanfaat silahkan share ke sosial media anda.