Bagaimana Memulai Bisnis Copywriting?

Copywriting merupakan salah satu profesi atau pekerjaan yang dapat dilakukan secara online, dan tidak membutuhakan ruang atau tempat usaha, anda dapat mengerjakanya kapan saja dan dimana saja. Untuk memulai bisnis copywriting, Anda harus memilih jenis layanan yang akan anda tawarkan kepada klien, menunjukan contoh tulisan (portfolio) anda yang sudah dipublikasikan dan memasarkan diri anda untuk menarik klien baru agar dapat mempekerjakan anda sebagai freelance copywriter.

Berikut ini saya akan mencoba memberikan ulasan terkait topik-topik yang memberiakn panduan kepada anda untuk memulai bagaimana membangun bisnis copywriting:

Cara Memulai Bisnis Copywriting: Panduan Langkah-demi-Langkah:

#1. Ruang Lingkup

Sebelum anda dapat memulai bisnis copywriting, anda harus memenuhi persyaratan dasar menjalankan usaha freelance ini. Pertama, pastikan anda memiliki semua persediaan yang Anda perlukan untuk menjadi seorang copywriter, termasuk komputer, koneksi internet, dan website yang mempromosikan layanan anda. Jika anda memutuskan membeli perlengkapan baru untuk modal bisnis anda, pastikan anda mengetahui jenis pos pengeluarannya sehingga anda dapat memotongnya dari pajak penghasilan anda. 

#2. Buat Perencanaan Bisnis Copywriting Anda

Kembangkan rencana kegiatan (Plan Action) yang menjelaskan tujuan bisnis Copywriting anda, strategi bisnis, dan target klien anda. Lakukan analisa pesaing anda dengan mencari komparasi atau perbandingan dengan freelance copywriter lainnya di pasar anda, hal ini dilakukan untuk melihat layanan apa yang mereka tawarkan dan berapa banyak mereka membebankan biaya kepada klien untuk layanan mereka. Anda juga juga harus merencanakan strategi promosi untuk mengembangkan bisnis copywriting anda seiring waktu.

#3. Pilih Jenis Layanan

Jenis layanan apa yang akan ditawarkan anda kepada klien anda?. Anda mungkin ingin berspesialisasi dalam bidang-bidang khusus copywriting, seperti sales letter iklan, konten website, konten email marketing dan banyak lagi. Memberikan pelayanan yang menjadi spesialisasi diri anda sangat penting, hal ini untuk menciptakan personal branding agar bisa melekat pada diri anda sebagai seorang ahli - Expert dalam bidang layanan anda. Katakanlah anda sebagai Expert Copywriting untuk bidang otomotif, maka disini anda dituntut untuk bisa memberikan layanan anda dibidang yang terkait dengan dunia otomotif. Sehingga ketika ada perusahaan yang membutuhakn konten otomotif akan menghubungi anda sebagai Copwriting expert otomotif .

#4. Membangun Personal Branding

Merek yang kuat akan membuat anda berbeda dari pesaing anda dan klien anda akan menghubungkanya dengan karakter bisnis anda. Personal branding yang akan anda bangun dan kembangkan harus dapat mencakup karakter dan gaya bisnis anda, serta menampilkan grafis bisnis anda, termasuk logo, font, dan palet yang menjadi warna dasar anda untuk disematkan kesemua media promosi. Setelah anda memiliki merek yang jelas, anda dapat menggunakannya di semua materi pemasaran anda, termasuk kartu nama dan situs web Anda.

#5. Menentukan Tarif Layanan

Menetapkan tarif yang akan anda bebankan kepada klien merupakan langkah penting yang akan menjadi salah satu tugas paling menantang bagi seorang freelance copywriting. Pertama, lihat copywriter pesaing anda yang menggarap segmen sejenis, dari situ anda dapat membuat rentang tarif yang realistis untuk konten yang sejenis. Temukan copywriter lain yang menawarkan layanan serupa dengan tingkat pengalaman yang serupa dengan anda dan lihat berapa tarifnya. 

Merupakan ide yang bagus untuk menetapkan tarif per jam dan tarif per kata, untuk menawarkan fleksibilitas kepada klien. Saat menetapkan kurs Anda, penting untuk mempertimbangkan semua pengeluaran bisnis yang harus ditanggung oleh penghasilan Anda, termasuk sewa, utilitas, biaya asuransi kesehatan, dan lainnya. Jika anda mau menetapkan tarif rendah, anda harus memulai untuk menarik sebanyak mungkin klien, tetapi pastikan tarif anda berkelanjutan dalam jangka panjang.

#6. Mengumpulkan Sampel Tulisan

Jika anda telah bekerja sebagai copywriter untuk sebuah agensi atau merek sebelum sebelum memutuskan menjadi freelance copywriting, terlebih dahulu anda harus mengumpulkan contoh-contoh tulisan dan anda bisa menunjukkan berbagai media, industri, dan klien yang telah Anda miliki. Jika anda tidak memiliki pengalaman copywriting sebelumnya, anda tetap perlu menulis sampel untuk menunjukkan klien potensial. 

Pertimbangkan melakukan pekerjaan khusus untuk menunjukan keahlian anda. Pekerjaan khusus melibatkan pembuatan iklan atas nama bisnis, tanpa harus bekerja untuk mereka. Seringkali, para penulis pemula hanya mengembangkan tulisan untuk merek-merek besar agar bisa menunjukkan jenis pekerjaan yang mereka hasilkan seolah-olah itu tulisan mereka, walaupun sebenarnya ia tidak bekerja untuk perusahaan itu.

#7. Kembangkan Portfolio Online

Setelah anda memilih semua sampel tulisan anda, anda perlu tempat untuk menampilkannya sehingga klien potensial dapat melihat pekerjaan anda. Kembangkan portofolio online yang memamerkan sampel tulisan anda, memberikan daftar layanan anda dan menawarkan bio sehingga klien dapat mempelajari lebih lanjut tentang anda dan latar belakang anda. Anda dapat menggunakan templat portofolio dari WordPress atau SquareSpace, atau menyewa pengembang web untuk membangun situs sesuai kustom  yang anda inginkan.

#8. Mengasah Skill/ Keterampilan Anda

Seorang Copywriter harus selalu meningkatkan keterampilan menulis mereka atau mempelajari hal-hal baru yang dapat membantu mengembangkan bisnis mereka. Jika Anda ingin belajar tentang penulisan teknis, mengenai prinsip SEO, atau keterampilan baru lainnya, pertimbangkan untuk mendaftar di kelas di lembaga pelatihan atau kursus setempat, atau mendaftar untuk kursus online yang dapat anda ikuti dari mana saja. Layanan online seperti Udemy atau Skillshare dapat membantu anda mempelajari keterampilan baru dengan cepat dan murah.

#9. Membuat Kontrak Legal

Saat anda baru memulai sebagai freelancer Copywriter, Anda harus memiliki template kontrak yang dapat anda kirim ke klien baru untuk melindungi diri anda sendiri dan secara jelas menguraikan pekerjaan yang akan diterima klien anda dari anda. Sebuah kontrak akan menjelaskan detail layanan yang akan anda berikan, jadwal untuk menyelesaikan pekerjaan dan jumlah yang akan dibayarkan klien anda untuk layanan anda. Itu harus ditandatangani oleh anda dan klien anda. Dapatkan panduan mendalam tentang cara mengembangkan kontrak yang mengikat secara hukum untuk bisnis anda.

#10. Menetapkan Sebuah Sistem Akuntansi

Setelah pembayaran klien mulai masuk, Anda akan memerlukan sistem akuntansi untuk melakukan pencatatan pembayaran tersebut dan mengelola faktur anda. Pertama, pastikan anda tahu semua dasar-dasar akuntansi bisni kecil. Lalu, pilih sistem akuntansi yang cocok untuk anda. Anda dapat menangani akuntansi bisnis anda secara manual, melacak pembayaran dan membuat faktur di Excel atau Word, atau anda dapat menyederhanakan akuntansi bisnis kecil anda dengan menggunakan layanan akuntansi berbasis cloud.

#11. Presentasikan Bisnis Anda

Untuk menjalankan bisnis copywriting yang sukses, Anda perlu meyakinkan klien untuk menggunakan jasa anda. Anda dapat mengirim email presentasi untuk memasarkan diri anda ke klien potensial. Email Pitch harus memperkenalkan diri anda dan layanan anda dan menawarkan alasan persuasif mengapa anda menjadi freelance copywriter yang sempurna untuk bisnis mereka. Agen periklanan sering mempekerjakan freelance copywriter untuk bekerja base on project ini dapat menjadi tempat yang baik untuk mulai mengirimkan penawaran. Saat pitching atau presentasi copywriting anda, usahakan agar selalu ditautkan ke portofolio online anda, dan sertakan tautan ke sampel tulisan khusus yang sangat relevan dengan merek yang anda pitching.

#12. Menghadiri Acara Untuk Memperluas Jaringan

Acara jaringan menawarkan peluang besar bagi freelance copywriter untuk bertemu dengan klien potensial. Di tahun-tahun awal bisnis copywriting anda, Anda harus terus-menerus mencari klien baru agar bisnis anda tetap bertahan. Acara jaringan tidak harus spesifik untuk industri pemasaran atau periklanan. Jika ada acara jaringan untuk startup teknologi di kota anda, itu bisa menjadi peluang bagus untuk bertemu dengan pendiri startup yang mungkin membutuhkan layanan freelance copywriter.

#13. Mintalah Referensi

Jangan malu meminta klien untuk mereferensikan anda ke kolega dan kenalan mereka. Seringkali, mereka akan senang melakukannya. Referensi dari mulut ke mulut merupakan salah satu sarana pemasaran yang kuat untuk bisnis anda, karena seseorang menerima rekomendasi dari seseorang yang mereka kenal dan percayai. Anda juga dapat menawarkan komisi kepada klien karena memberi anda bisnis baru. Misalnya, jika klien membawa proyek baru dengan memberi tahu teman tentang layanan anda, Anda dapat menawarkan mereka diskon referensi $ 50 dari faktur berikutnya.

Berapa Biaya Freelancer Copywriting?

Berapa biaya freelancer copywriting tergantung pada tingkat pengalaman mereka dan jenis copywriting yang mereka berikan. freelancer copywriting dapat menentukan biaya berdasar perkata, berdasarkan perhalaman, berdasarkan jam pengerjaan atau atau per proyek. freelancer copywriting menetapkan biaya mulai dari $ 25/ jam sampa dengan $ 100 / jam.

Bagi anda freelancer copywriting yang ingin menetapkan tarif jasa copywriting anda, pastikan anda mempertimbangkan faktor-faktor berikut: 
  • Berapa banyak pesaing di wilayah anda yang mengenakan biaya untuk pekerjaan serupa
  • Berapa banyak pengalaman yang anda miliki; semakin banyak pengalaman yang anda miliki, semakin banyak biaya yang harus anda tanggung.
  • Pertimbangkan biaya overhead anda; apa yang anda bayar untuk sewa tempat (jika menyewa), asuransi, utilitas, software, dan pemasaran?
  • Saat menetapkan tarif per jam, jangan lupa untuk menghitung jumlah waktu yang anda habiskan untuk pekerjaan yang tidak dibebankan kepada klien untuk rapat, panggilan telepon, penawaran, penelitian, membuat dan mengirim faktur, melakukan pembukuan, dll.

Apakah Anda Membutuhkan Gelar Sarjana untuk Menjadi Seorang Copywriter? 

Sebenarnya anda tidak perlu membutuhkan gelar sarjana untuk menjadi seorang copywriter, akan tetapi untuk saat ini memang sebagian perusahaan dan klien mencari seorang copywriter yang memiliki gelar sarjana sesuai bidang terkait. Gelar sarjana yang relevan dengan profesi Copywriter mencakup gelar sarjana bahasa Inggris, Komunikasi dan Jurnalisme. 

Dengan memiliki gelar sarjana akan dapat membantu anda menemukan pekerjaan copywriting, karena pada umumnya mereka yang melakukan proses belajar pada saat mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana harus mewajibkan magang di bidang terkait sesuai bidang ilmu yang mereka tekuni dan hal ini tentunya dapat membantu Anda membuat koneksi yang penting untuk karir anda yang mengarah pada pekerjaan penuh waktu setelah Anda lulus.

Apasih Yang di Lakukan Seorang Freelance Copywriting? 

Penulis lepas atau Freelancer Copywriter adalah penulis profesional yang menulis atau menyalin kata-kata, untuk kegiatan bisnis berdasarkan kontrak yang resmi. Seorang penulis lepas menulis salinan untuk berbagai konteks, termasuk:
  • Copywriting iklan digital
  • Cetak salinan iklan
  • Konten situs web
  • Menulis pidato
  • Blogging
  • Konten media sosial
Demikian ulasan terkait tentang bagaimana memulai bisnis copywriting, semoga dapat memberikan pencerahan bagi anda yang ingin menggeluti bidang copywriting.

Berlangganan via Email