7 Kesalahan SEO Yang Harus Di Hindari


Saatnya sekarang kamu untuk menganalisa hasil bisnis kamu seperti apa dari hasil strategi SEO yang sudah kamu terapkan. Apakah mengalami peningkatan, stagnan atau bahkan malah turun penghasilan kamu, untuk itu segera ambil keputusan dan perbaiki strategi bisnis kamu dari semua lini yang terkait mulai dari produksi, administrasi, operasional dan pemasaran untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Dan salah satu strategi yang penting di era digital ini adalah Digital Marketing melalui peningkatan strategi SEO.

Sebagai seorang digital marketing kamu pasti tahu bahwa mesin pencari atau Search Engine memiliki sebuah algoritma dimana algoritma tersebut selalu berubah dan jika kamu tidak mengikuti perubahan itu pastinya situs website kamu akan jatuh dari tangga SERP yang sudah bersusah payah kamu naiki, atau bahkan jika kamu lalai dalam menerapkan strategi SEO yang sudah usang tidak mustahil website kamu malah bisa kena blacklist alias dilempar ketempat sampah google.
Berikut ada 7 kesalahan SEO yang harus kamu hindari sebagai upaya untuk menyelamatkan situs website kamu.

#1.  Fokus pada Tampilan Website

Website yang tampilanya elegan cantik dan eye catching alias sedap dipandang mata sudah pasti akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung website ditambah dengan fitur interaktif yang dipasang sudah pasti sangat menarik. Namun perlu kamu ketahui untuk website dengan fitur tersebut biasanya menggunakan teknologi atau plugin tambahan yang membuat daya loading website berat dan lambat.

Jika kamu ingin mengoptimasi website dengan jenis dan model tersebut sudah pasti tidak cocok karena SEO bukan sekedar tampilan website, namun lebih dari itu SEO adalah kombinasi teknik on-page dan off-page yang saling mendukung dan melengkapi. Untuk itu lupakan tampilan dan fokus pada kedua teknik SEO tersebut jika kamu ingin website tersebut bisa menang dalam pertempuran SERP.  

#2.  Hanya Memprioritaskan SEO- On-Page

Teknik SEO On-Page memang penting dilakukan karena itu merupakan standar mesin pencari untuk bisa mengenali struktur website kamu. Namun jika kamu terlalu bersemangat dan hanya fokus pada teknik ini, kamu harus tahu strategi ini tidak akan memberikan dampak yang kamu inginkan karena sama saja hanya berjalan ditempat. Kamu bisa melakukan kesalahan jika kamu menganggap strategi SEO ini bisa meningkatkan SERP website kamu, sementara strategi diluar sana terus menerus kamu abaikan, dan kamu akan menyadari setelah peringkat halaman website kamu mengalami penurunan.

Google yang merupakan sebuah mesin pencari raksasa kini lebih mementingkan sebuh website yang terpercaya. Kamu tidak akan berhasil memaksimalkan jangkauan hanya dengan mengoptimasikan website melalui kata kunci, dengan desain web yang SEO Friendly. Sekarang saatnya kamu harus mencoba untuk mengintegrasikan teknik SEO Off Page seperti pengiriman direktori, blog posting, membangun backlink, Sosial Bookmark, Press Release, Kirim Artikel, Daftar Bisnis, Posting Ulasan dan Lain-lain. 

#3. Mengabaikan Kecepatan Website

Mungkin kamu bingung kenapa halaman website kamu mengalami penurunan peringkat?. Pernah enggak sih kamu perhatikan rasio pantulan (Bounce Rate) kamu tinggi?, kalau kamu mengalami demikian bisa saja karena kamu melakukan kesalahan yang tidak terduga yaitu kamu mengabaikan waktu respon yang lambat dan kecepatan (speed) website kamu. Rasio pentalan yang tinggi (Bounce Rate) disinyalir karena waktu loading website yang lambat untuk itu disarankan kamu harus mengubah tampilan desain website agar bisa mempercepat kinerjanya.

#4. Memperbanyak Konten yang tidak Berkualitas

Content is The King, ini bukan hal baru dalam dunia website karena konten merupakan sajian utama untuk disajikan ke pengunjung, semakin banyak konten akan semakin banyak pengunjung berselancar ke website kamu. Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik website adalah hanya fokus memproduksi konten sebanyak-banyaknya bukan fokus mempertahankan kualitas dan relevansi konten dengan tema website kamu. Kamu beruntung jika ada salah satu konten tersebut bisa naik peringkat SERP namun jika kamu tidak memperhatikan kualitas maka peringkat website kamu akan turun, dan ingat konten yang buruk dan tidak berkualitas bukan hanya menurunkan peringkat SERP namun juga akan mempengaruhi kepercayaan dan merek perusahaan kamu.

Untuk itu jika kamu tidak bisa membuat konten yang informatif mendalam, dan tidak memiliki relevansi dengan apa yang diinginkan oleh audien target kamu, maka lupakan SEO.

#5. Mengabaikan Tautan Halaman Rusak

Berapa banyak dari kalian para pemilik website yang tahu kalau di halaman website kamu atau blog kamu terdapat halaman yang rusak?, hampir tidak ada! dan itu merupakan salah satu kesalahan terbesar bagi para pemilik website yang harus dihindari. 

Tautan rusak (Broken Link) biasanya akan diredirect ke halaman 404 kesalahan ini juga dapat mempengaruhi rasio pentalan (Bounce Rate) yang sangat tinggi. Kerusakan tautan ini juga akan menyulitkan mesin pencari dalam melakukan pengindeksan website atau blog kamu. Jika kamu tidak ingin mengalami hal demikian dan ingin benar-benar website anda memiliki peringkat dan lalu lintas yang baik dimesin pencari maka Langkah yang harus kamu ambil adalah segera identifikasi dan perbaiki tautan yang rusak dengan kualitas dan konten yang relevan.

#6. Membuat Halaman Judul dan Meta Deskripsi yang Terlalu Sederhana

Kesan apa yang kamu rasakan ketika kamu mengunjungi website dan melihat judul halaman beranda yang terlalu simple dan sederhana serta tidak terlalu menginspirasi?, tentunya kurang menarik bukan?. Lantas bagaimana Ketika pengunjung lain juga mengunjungi website kamu dengan kondisi yang demikian. Tentunya pengunjung tidak memiliki kesan yang kuat terhadap website kamu.

Usahakan dalam membuat artikel website untuk menghindari meta deskripsi atau judul yang sama dengan artikel yang sebelumnya sudah ada. Platform CMS yang ada sekarang sudah memiliki banyak fitur dan opsi penyesuaian konten untuk itu manfaatkanlah sebaik-baiknya.

#7. Website Tidak Mobile Friendly

Mobilitas masyarakat dunia sekarang semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan kecanggihan gadget seperti halnya teknologi seluler. Untuk itu platform komunikasi juga harus bisa menyesuaikan mobilitas mereka salah satunya adalah dengan dukungan aplikasi mobile. Jangan membuat kesalahan terbesar dengan mengabaikan faktor tersebut. 

Raksasa teknologi pencarian google sendiri sudah mewajibkan situs yang masuk dalam kategori pencarian harus sudah mendukung teknologi seluler yang responsif untuk semua perangkat yang didukung google. Lantas bagaimana jika website kamu tidak mobile friendly?. Kerugian terbesar kamu adalah kamu akan kehilangan segmen utama dari trafik potensial kamu, dan bukan hanya itu saja website kamu juga akan mengalami penurunan peringkat pencarian di search engine.

Kesimpulan

Search Engine Optimization (SEO) sangat penting dalam mengembangkan bisnis kamu melalui optimasi suatu website atau blog dengan tepat. Jangan mengabaikan hal-hal sepele dalam membangun strategi SEO karena dari hal kecil itu bisa menjadi kesalahan besar dan fatal yang membuat kamu pada akhirnya menyesal. Menerapkan teknik dan strategi SEO sendiri jangan hanya terfokus pada strategi On-Page atau Off-Page saja akan tetapi kamu harus mengkombinasikan dari kedua teknik tersebut. Jangan pernah berpikir berapa persentase komponen keberhasilan dari kedua strategi tersebut? on-page atau off-page. Jawabanya adalah keduanya.

Tidak ada komentar untuk "7 Kesalahan SEO Yang Harus Di Hindari"