50 Ide Bisnis Online Di Masa Pandemi Covid-19


Saat ini, salah satu alat utama yang anda butuhkan untuk memulai membangun sebuah bisnis adalah tersedianya jaringan dan koneksi internet. Ada begitu banyak peluang usaha di luar sana yang dapat dijadikan ide untuk membangun dan memulai bisnis online. Dan dalam beberapa kasus, anda bahkan tidak perlu lagi koneksi orang untuk menjalankan bisnis anda.

Bisnis Online

Perkembangan bisnis online terus mengalami pertumbuhan dengan peningkataan dua digit. Menurut eMarketer, ada peningkatan sebesar 24,8% pada 2017 dibandingkan tahun sebelumnya. Penjualan global di seluruh dunia mencapai $ 2,304 triliun, dengan perhitungan akuntansi seluler sebesar 58,9% dari penjualan itu.

Ketika bisnis online ini terus mengambil bagian yang lebih besar dari pasar ritel tradisional di seluruh dunia, ini merupakan peluang dan kesempatan bagi anda untuk membangun dan menjalankan ide bisnis online anda. Sebanyak 47,3% pada tahun 2018 populasi dunia telah melakukan pembelian secara online. Dan dengan semakin banyaknya orang menggunakan eCommerce, pelanggan akan mencari ide bisnis online baru dan inovatif untuk dijalankan dengan lebih baik.

Sementara itu teknologi dan titik harga akan mencapai paritas di mana akan ada sedikit diferensiasi, pengalaman pelanggan akan memainkan peran penting dalam bisnis online, pelanggan yang merupakan prioritas akan melihat lebih banyak orang mengklik toko eCommerce mereka. Ini termasuk memberikan ulasan pelanggan, keterlibatan media sosial (Social Engagement), situs yang dioptimalkan untuk seluler, aplikasi seluler, chatbots, dan lainnya.

Ide Bisnis Online

Berikut adalah 50 ide bisnis online yang bisa anda langsung kerjakan dari rumah sesuai bidang keahlian dan minat anda: 

#1. Blogger

Blogging merupakan salah satu peluang bisnis yang memungkinkan anda memilih ceruk yang benar-benar cocok untuk anda. Dan anda dapat menghasilkan uang melalui iklan (Adsense), tautan afiliasi (Link Referal), infoproduk atau sejumlah jalan lain.

#2. Virtual Assistant

Bisnis dan kegiatan profesional sering juga menggunakan bantuan asisten untuk mengelola tugas seperti email dan media sosial. Dan merupakan peluang bagi anda untuk menawarkan layanan anda kepada klien-klien tersebut secara online sebagai asisten virtual.

#3. Social Media Manager

Banyak bisnis dan pemilik bisnis khususnya UKM yang kebingungan dalam menjalankan kampanye sosial media untuk peningkataan omsetnya, hal ini akan menjadi kesempatan bagi anda jika anda memahami media sosial, anda dapat menawarkan layanan anda ke mereka yang ingin membantu mengelola akun media sosial mereka setiap hari.

#4. Konsultan Sosial Media 

Alternatif lain bagi anda yang ahli sosial media, anda bisa menawarkan keahlian media sosial Anda kepada klien secara online alih-alih mengelola akun bisnis sosial media untuk mereka. Untuk job yang satu ini anda harus bisa melakukannya secara professional.

#5. Influencer Media Social 

Bagi anda yang lebih fokus mengembangkan akun media sosial Anda sendiri. Dan anda sudah memiliki pengaruh yang cukup dalam jaringan anda, anda dapat membangun bisnis sebagai influencer yang mengerjakan merek untuk mempromosikan produk dan layanan di akun Anda.

#6. Pengarang eBook 

Jika anda memiliki keahlian bidang tertentu anda bisa menuangkan ide anda tersebut kedalam sebuah buku elektronik (eBook) anda bisa menulis ebook sendiri dan menerbitkannya di platform online seperti Amazon dan marketplace yang lainnya.

#7. Membuat Kursus Online 

Anda juga dapat membagikan pengetahuan anda dengan orang-orang yang ingin memiliki keahlian dan pengetahuan seperti yang anda miliki, melalui kursus online dengan membuat modul kursus sendiri dan menjualnya di situs web atau jaringan daftar email Anda.

#8. Pelatih Bisnis / Business Coach

Jika anda memiliki cukup banyak keahlian bisnis, anda dapat menawarkan layanan konsultasi atau pelatihan kepada klien dan berkomunikasi dengan mereka melalui aplikasi obrolan email, WatsApps atau video seperti Skype, Zoom, GoogleMeet dll. 

#9. Konsultan SEO

Bagi anda yang memiliki skill dan keahlian SEO anda juga dapat menawarkan jenis layanan yang lebih khusus ini untuk bisnis yang ingin meningkatkan peluang situs web mereka agar dapat muncul dalam hasil pencarian pada mesin pencarian seprti Google.com (SERP)

#10.  Pemasaran Afiliasi / Affiliate Marketer

Program pemasaran afiliasi memberikan anda kesempatan untuk mendapatkan uang secara online dengan memposting tautan ke berbagai produk dan layanan untuk kemudian mendapatkan bagian dari setiap penjualan yang Anda referensikan.

#11.  YouTuber 

Menjadi youtuber merupakan salah satu profesi yang digandrungi oleh sebagian banyak orang. Bagi yang merasa nyaman di depan kamera dan bisa memberikan tips dan ulasan tentang segala sesuat anda bisa membuat konten youtube yang bisa menarik penonton - viewer anda, anda bisa memulainya dari Chanel YouTube anda sendiri dan akan mendapatkan penghasilan melalui pembagian iklan.

#12.  Podcaster

Sama halnya dengan youtube anda juga dapat memulai podcast anda sendiri dengan membuat konten-konten yang menarik follower dan audiens anda dan menjual iklan atau sponsor untuk membangun bisnis di sekitar konten Anda.

#13.  Penjual di Marketplace

Jika anda ingin menjual produk dalam bentuk fisik yang sebenarnya, anda dapat dengan mudah membuat toko online diplatform marketplace seperti Bukalapak, TokoPedia. Lazada, Shopee, blibli atau eBay (untuk marketplace dunia). Anda bisa menjual berbagai produk yang berbeda.

#14.  Handmade Business Owner

Bagi anda yang memiliki keahlian khusus membuat produk kerajinan tangan anda dapat memilih untuk membuat produksi sendiri dan mendirikan toko ecommerce buatan tangan sendiri atau mendirikan toko di platform seperti Etsy.

#15.  Web Design

Profesi yang satu ini memang membutuhkan keahalian dan skill khusus untuk menjalankanya dan bagi anda yang memiliki pengetahuan desain pengetahuan tentang website, maka anda dapat menawarkan jasa layanan sebagai Web Designer kepada klien atau perusahaan yang sedang membutuhkan pembuatan website.

#16. Pengembang Situs Web / Web Developer

Anda juga dapat membangun bisnis dengan membantu di bagian belakang (Backend Developer) untuk melakukan proses pembuatan situs web. Seorang Web developer harus memiliki  pengetahuan teknis yang sedikit lebih banyak dari seoang web design akan tetapi web Developer tidak membutuhkan banyak pengetahuan desain.

#17. Desain Grafis

Desain grafis merupakan keahlian mengenai seni grafika, Tidak semua orang memiliki keahlian seni grafis ini, Bagi anda yang memiliki skill dan keahlian ini anda dapat menawarkan layanan jasa desain grafis untuk membuat logo, brosur, pamplet dll. Anda bisa berkomunikasi secara online untuk menggaet klien anda.

#18. App Developer

Jika Anda memiliki banyak pengetahuan teknis tentang aplikasi seluler, anda dapat membangun bisnis sebagai pengembang aplikasi mobile apps untuk klien anda, atau anda membuat mobile apps sendiri untuk dijual ke PlayStore (Apps Marketplace).

#19. Penjual Domain 

Setiap orang yang ingin mulai membuat website terlebih dahulu membutuhkan domain, Itu berarti mereka perlu membeli domain itu dari perusahaan jasa layanan domain dan hosting. Anda dapat membangun bisnis dengan membeli domain dan menjualnya ke klien anda.

#20. Penulis Lepas

Bagi mereka yang ingin memulai bisnis penulisan tanpa harus di mulai dari pembuatan blog anda sendiri, anda dapat menawarkan keahlian yang anda miliki melalasui jasa layanan penulisan artikel atau ulasan produk anda kepada klien luar sebagai Penulis Lepas.

#21. Desainer Kaos

Semakin banyaknya aplikasi design online membuat para pengusaha jasa konveksi menggunakan layanan ini untuk memilih jenis desain dan model kaos yang akan diproduksi di lempar kepasar. Bagi anda yang memiliki keahlian untuk mendesain kaos, ini menjadi peluang bagi anda untuk menawarkan jasa desain kaos anda secara online.

#22. Tutor Jarak Jauh

Anda tidak harus bertemu dengan orang secara langsung untuk menjadi tutor yang efektif. anda dapat mengatur pertemuan secara online dengan klien untuk membantu mereka dengan masalah yang akan dibahas dan sudah ditentukan sebelumnya.

#23. Spesialis Layanan Iklan Online

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang pembuatan iklan pilihan secara online, anda dapat menawarkan layanan anda kepada bisnis yang ingin menggunakan iklan online untuk mempromosikan penawaran mereka.

#24. Konsultan Perjalanan

Walaupn menjadi agen perjalanan tidak sepopuler dulu. Akan tetapi anda masih dapat membangun bisnis sebagai konsultan perjalanan online untuk membantu pelanggan dan grup anda menemukan penawaran terbaik yang memungkinkan pada pilihan perjalanan yang menjadi tujuannya.

#25. Jasa Pengkoreksi Tulisan / Editor

Profesi yang satu ini membutuhkan ketelitian dan kecermatan dalam melakukan pengecekan tulisan namun jika anda memilikinya, Anda dapat membangun bisnis sebagai korektor atau editor untuk berbagai bisnis, penulis, dan klien lain yang ingin mengirimi Anda pekerjaan mereka secara online.

#26. Fotografer Online

Jika anda memiliki hobi fotografi anda bisa mengumpulkan koleksi foto-foto yang sudah anda buat dan edit, anda bisa menawarkan dan menjual hasil foto-foto tersebut secara online ke toko atau wesbsite yang malayani jasa penyimpanan foto.

#27. Copywriter Website

Peluang bisnis online lain yang potensial yang dapat anda ambil sesuai keahlian anda dibidang penulisan adalah menjadi penulis konten website atau Copywriter Website, anda bisa menawarkan jasa penulisan konten website ke klien anda secara online.

#28. Teknikal Support Virtual

Bagi anda yang memiliki cukup banyak pengetahuan tentang teknologi, Anda dapat menyediakan jasa pengaturan layanan yang menyediakan dukungan teknis jarak jauh untuk klien yang menghubungi Anda secara online.

#29. Layanan Customer Service Kontrak

Banyaknya perusahaan yang ingin merampingkan sumber daya yang ada dengan menggunakan sistem alihdaya atau outsource, dapat menjadi peluang yang menjanjikan bagi anda, anda bisa menawarkan layanan kepada bisnis yang ingin mengalihdayakan (outsource) komunikasi layanan pelanggan mereka.

#30. Pengembang Perangkat Lunak

Bagi anda yang terbiasa dengan seluk beluk membuat perangkat lunak, anda dapat menawarkan layanan anda secara freelance ke bisnis, atau anda juga bisa membuat program perangkat lunak sendiri untuk dijual.

#31. Konsultan Pemasaran

Jika Anda seorang marketing yang berpengalaman, dan sudah memiliki reputasi yang baik dibidang pemasaran anda dapat menawarkan jasa layanan untuk klien bisnis anda yang ingin dibantu dalam pembuatan dan menjalankan rencana pemasaran online mereka.

#32. Pengembang Template WordPress

WordPress adalah platform populer untuk blog dan situs web. Untuk anda yang memiliki keahlian coding dan kemampuan penguasaan bahasa pemrograman yang mendukung website berplatform wordpress anda dapat membangun bisnis dengan membuat tema pre-made untuk orang-orang yang menginginkan cara mudah dalam menyatukan situs web mereka sendiri di WordPress.

#33. Peneliti

Bagi anda yang memiliki pengalaman di bidang akademik sebagai seorang guru atau dosen ini akan menjadi peluang terbaik buat anda, Anda bisa menjadi seorang peneliti dimana jasa yang anda berikan bisa ditawarkan secara online. Banyak peluang di luar sana bagi para peneliti untuk menawarkan layanan kepada penulis, bisnis, dan klien online lainnya.

#34. Keanggotan Operator Situs

Jika Anda memiliki ide untuk untuk website dengan niche tertentu, anda bisa menawarkan keanggotaan berbayar untuk orang-orang yang tertarik menjadi bagian dari komunitas atau website atau mengakses manfaat lain yang ditawarkan oleh Website Anda.

#35. Pembuat Jaringan Blog

Bagi anda yang sudah berkecimpung dan memiliki pengalaman sebagai blogger anda juga dapat mengatur jaringan yang khusus untuk blogger dan meminta anggota membayar biaya atau mendapatkan uang melalui iklan atau info produk.

#36. Pembuat Jaringan Iklan

Atau, Anda dapat mengatur jaringan yang ditujukan untuk blogger, pemilik website dan para pebisnisonline lainnya yang ingin mencari sponsor atau pengiklan dan sebaliknya melalui jaringan yang sudah anda bangun.

#37. Public Relation Online

Hubungan masyarakat tentu saja merupakan peluang bisnis yang layak dan memiliki potensi untuk dikembangkan. Dan anda dapat membangun bisnis yang berhubungan dengan bidang komunikasi ini dengan memasarkan jasa layanan PR anda secara online.

#38. Layanan Pemeliharaan Website

Anda yang memiliki keahlian teknis untuk pemeliharaan infrastruktur website, anda bisa menawarkan jasa maintenance website kepada perusahaan yang sudah memiliki website tetapi tidak mempunyai resource untuk melakukannya. Anda bisa mengelola website tersebut.

#39. Jasa Kritik Situs Website

Jasa kritik website ini lebih kearah review keseluruhan website, mulai dari tampilan, konten dan struktur website, anda yang memiliki spesialisasi dalam mengkritik situs web untuk bisnis yang dirasa perlu membuat beberapa perubahan atau peningkatan pengalaman pengunjung online mereka.

#40. Sistem Perekrutan Online

Banyak perusahaan yang sedang mencari kandidat tim yang akan dibina untuk menjalankan sebuah proyek bisnis akan tetapi mereka kesulitan mendapatkan kandidat yang tepat, ini akan menjadi peluang bagi anda untuk membuka jasa perekrutan online untuk menemukan anggota tim terbaik, anda bisa menghubungkan kandidat ke perusahaan secara online.

#41. Jasa Penulisan Curriculum Vitae

Banyak pencari kerja yang kebingungan dalam menyusun surat pengantar lamaran kerja dan pembuatan resume yang bagus, anda bisa menawarkan jasa anda kepada klien yang mencari pekerjaan dengan memulai layanan yang membantu mereka menyusun resume dan surat pengantar.

#42.  Pelatih Kehidupan

Jika anda ingin membantu klien dengan berbagai masalah kehidupan yang berbeda-beda. Jika anda mempunyai pengalaman dan keahlian dalam manajemen kehidupan yang dapat anda atasi anda dapat memulai bisnis sebagai pelatih kehidupan dan berkomunikasi dengan klien terutama secara online.

#43.  Konsultan Nutrisi Makanan

Atau jika Anda ingin mendapatkan yang lebih spesifik dan membantu klien merencanakan makanan dan nutrisi mereka, Anda dapat menawarkan layanan perencanaan makanan di mana Anda berkonsultasi dengan klien secara online dan kemudian mengirimkan mereka rencana berdasarkan konsultasi Anda.

#44.  Custom Illustrator

Jika Anda seorang seniman yang terampil, Anda dapat menawarkan jasa layanan ilustrasi khusus untuk klien yang membutuhkan seni ilustrasi. Melalui pelayanan online yang dijangkau website Anda atau saluran online lainnya.

#45.  Pembuat Video Iklan

Anda yang memiliki keahlian dibidang grafis dan multimedia memiliki peluang dan kesempatan utuk bekerjsama dengan klien yang membutuhkan bantuan untuk membuat iklan video agar muncul di YouTube atau platform online lainnya.

#46. Direct Sales

Bagi mereka yang memiliki kemampuan dan skill yang terampil dalam penjualan, Anda dapat membangun bisnis dengan menawarkan layanan Anda kepada klien bisnis dan kemudian menjangkau pelanggan potensial secara online.

#47. Konsultan Keuangan

Jika Anda berlatar belakang pendidikan keuangan dan anda memiliki pengetahuan keuangan yang cukup, Anda dapat membangun bisnis sebagai konsultan dan perencana keuangan yang bekerja dengan klien yang menjangkau Anda secara online.

#48. Lead Generation Service

Lead generation adalah cara bagaimana anda bisa menghasilkan konversi dari orang yang datang ke website anda, seperti menghasilkan penjualan dari mereka, mendapatkan alamat email customer, dan lain-lain. ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis online anda dengan memasarkan layanan tersebut ke bisnis klien anda.

#49. Jasa Layanan Pembukuan

Jika anda seorang akuntan dan memiliki keahlian dibidang akuntansi dengan didukung latar belakang pendidikan akuntansi maka peluang bisnis online ini sangat cocok buat anda. Anda dapat menawarkan layanan pembukuan ke berbagai bisnis dan hanya menyiapkan sistem komunikasi online untuk mempermudah..

#50. Layanan Newsletter Online

Menyiapkan buletin online cukup mudah. Dan jika Anda membangun jaringan yang cukup besar, Anda dapat menggunakan daftar Anda untuk menjual prodk layanan anda dan akan mendapatkan penghasilan dengan bekerja sama dengan bisnis lain.

Penutup

Itulah 50 Ide bisnis yang mungkin bisa anda kerjakan di masa pandemi Covid-19 yang jika dikerjakan dengan fokus dan serius pastinya akan dapat menghasilkan penghasilan tambahan ungtuk anda. Dari sekian banyak pilihan ide, silahkan anda pilih yang sesuai dengan keahalian, skill, passion dan minat anda yang memiliki potensi pasar dan profitabilitas yang tinggi. 

Jika Artikel ini bermanfaat silahkan share ke sosial media anda!.