10 Keahlian Yang Harus Dimiliki Oleh Manajer Digital Marketing


Menjadi seorang Digital Marketing Manager atau manajer pemasaran digital, dituntut dan harus bertanggung jawab untuk dapat mengembangkan strategi yang digunakan organisasi atau perusahaan dalam pemasaran produk dan jasa secara online, melalui saluran media sosial, Website analyze, email marketing, SEO, dan Search Engine Marketing atau PSA. Tugas digital marketer adalah menciptakan berbagai promosi online, kampanye penyampaian pesan perusahaan, melakukan riset pasar dan konsumen untuk menentukan strategi agar dapat target pasar yang sesuai.

Mengetahui nuansa perubahan dan paradigma dunia baru mutlak dimiliki oleh seorang Digital Marketing Manager, tentang bagaimana mereka berinteraksi, tentang bagaimana mereka mengetahui setiap saluran media sosial itu bekerja dan berinteraksi satu dengan yang lainya, mampu menjawab sebuah pertanyaan besar, bagaimana perbedaan postingan di facebook, twitter dan instagram. Apa yang seharusnya diprioritaskan  dalam email markerting, bagaimana membangun konten marketing, bagaimana menjalankan SEO. dll.   

Pertanyaan-pertanyaan tersebut diatas hanya akan bisa dijawab oleh mereka yang benar-benar memiliki passion di bidang digital marketing. Mari kita lihat tantangan-tantangan apa yang dihadapi eksekutif pemasaran digital dan profesional serta keterampilan yang mereka butuhkan untuk dikuasai dan dipahami.

Jadi, keterampilan apa yang dibutuhkan seorang digital marketing manager untuk berhasil di era digital yang berkembang sangat cepat ini?, berikut 10 keahlian yang harus dimiliki: 

#1. Analisa Data

Anda pasti sudah mendengar istilah "Big Data", big data merupakan istilah umum untuk segala himpunan data dalam jumlah yang sangat besar, rumit dan tak terstruktur sehingga menjadikannya sukar ditangani apabila hanya menggunakan perkakas manajemen basis data biasa atau aplikasi pemroses data tradisional belaka. Akan tetapi ini bukan tentang masalah data besarnya namun lebih dari itu adalah tentang apa yang bisa anda lakukan dengan data tersebut. Itulah pekerjaan analis data.

Era disrupsi telah menghancurkan segalanya, membuat perubahan yang bergitu cepat dan pesat disegala lini kehidupan, data telah menjadi sumber energi kehidupan kedua yang tidak mustahil akan menjadi sumber energi utama di era digital ini, dibutuhkan kemampuan yang luar biasa untuk bisa mengolah data menjadi sumber informasi yang berguna dan bermanfaat, namun untuk menemukan orang-orang yang bisa mengatasi semua itu akan menjadi sesuatu yang sulit ditemukan dan langka. Namun itulah tuntutan dari paradigma baru tentang pemasaran.

Salah satu contoh kebutuhan dan kekuatan analisis data yang baik adalah dengan alat Teradata yang telah diterapkan oleh maskapai internasional Qantas ke program Loyalitasnya.
  • 10 juta anggota
  • $ 1,3 miliar dalam pendapatan
  • Penghargaan $ 800 juta setiap tahun
Melalui analisis data yang baik dan mengoptimalkannya melalui wawasan yang diperoleh mereka telah mampu meningkatkan profitabilitas secara signifikan mencapai $ 300 juta per tahun.

#2. Iklan Media Sosial Berbayar

Media sosial menjanjikan jangkauan global secara gratis, ini dapat digunakan sebagai alat pemasaran yang efektif, fitur like and share sempat menjadi idola pemain facebook untuk berebut trafik dari postingan yang dibuat, kini facebook telah mengakhirinya. Facebook sekarang memiliki informasi jutaan data yang dikumpulkan dari milyaran penggunannya untuk selanjutnya akan dijual lagi kepada anda berupa informasi dan sebaran data market anda. 

Pada tahun 2016 ada sekitar $ 25 milar telah dihabiskan untuk belanja iklan sosial media, dan facebook mendapatkan mayoritas dari hasil belanja tersebut. Terlepas dari itu semua iklan facebook yang dilakukan dengan baik bisa efektif. Jika anda menguasai keterampilan dan keahlian untuk menguasai beberapa topik berikut: 
  • Cara menggunakan alat analisis Facebook "Facebook Insights"
  • Gunakan "Power Editor" dengan baik
  • Apa yang dapat dilakukan dengan audiens "Look Like"
  • Penargetan terperinci dari “Custom Audiences”
  • Apa itu penawaran BPK dan bagaimana melakukannya dengan baik
  • Cara bereksperimen dan menguji gambar kreatif.
Itu semua diatas hanyalah sebuah puncak gunung es, karena masih banyak lagi potensi yang belum tergalih dari facebook

#3. Email Marketing

Sebelumnya email merupakan alat komunikasi biasa yang hanya dilakuka untuk mengirimkan pesan dan informasi terkait korespondensi perusahaan, akan tetapi seiring dengan perkembangan sistem pemasaran digital, email sekarang sudah menjadi bagian dari sistem yang sudah terintegrasi dengan sistem lainnya, Email Marketing sekarang sudah dapat melakukan penargetan niche, menganalisis bouncing (rasion pentalan), tarif terbuka, dan konversi. Kekuatannya sebagai alat pemasaran masih sering dianggap remeh. 

Masih banyak perusahaan dan instansi yang belum melakukannya dan menggunakan Email Marketing dengan baik. sebuah laporan baru-baru ini dirilis oleh New York Times, mengungkapkan bahwa meskipun memiliki lebih dari 6 juta email di database milik pemerintah kota, mereka tidak memiliki platform pemasaran email yang tepat. Mereka menarik data email masig dengan cara manual dari sistem mereka yang lain.

Penggunana media sosial sangat bagus untuk membangun kesadaran merek, akan tetapi prospek, pelanggan, dan pendukung anda yang paling loyal dan berkomitmen ingin tetap berhubungan melalui email. Banyak kampanye pemasaran yang memiliki kinerja tinggi dan berhasil melakukan penjualan dari daftar email Anda.

#4. Search Engine Marketing (SEM)

Search engine marketing merupakan teknik untuk mendapakan trafik atau posisi pertama pada hasil pencarian di mesin pencari (Search Engine) seperti google dan bing. terdapat dua jenis search engine marketing yaitu: 
  1. Search Engine Marketing yang dilakukan secara organik untuk mendapatkan trafik atau kunjungan ke website kita. ini yang kita kenal dengan Search Engine Optimization - SEO, teknik ini sendiri dibagi lagi menjadi On-Page dan Off-Page
  2. Search Engine Marketing yang dilakukan dengan cara melakukan pembayaran untuk mendapatkan trafik agar bisa menempati posisi pertama di google atau mesin pencari, cara in yang kita kenal dengan PSA (Paid Search Advertising) contohnya adalah google Ads, melalui google ads kita membayar sejumlah uang ke google untuk mempublikasikan iklan kita ke chanel-chanel google yang lain.
Membangun otoritas yang diperoleh untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari membutuhkan waktu dan tenaga, namun bukan berarti anda harus berhenti melakukan ini karena pada akhirnya jika anda sudah berhasil maka dengan sendirinya trafik akan membanjiri website anda. Itulah pentingnya seorang manager pemasaran digital menguasai teknik yang satu ini.

#5. Penggunaan Tool dan Platform Teknologi

Sudah saatnya anda untuk melupakan dan meninggalkan biro iklan yang mengelola iklan anda, sekarang saatnya untuk anda belajar dan memahami tool atau alat serta platform teknologi yang pada akhirnya akan membantu anda dalam mengorganisir iklan anda: 

Tool:

Terdapat banyak tool atau alat digital marketing yang dapat anda gunakan untuk mendukung pembuatan iklan anda diantaranya: 
  • Hootsuite
  • Tweetdeck
  • Canva
  • InVideo
  • Buffer
  • Facebook Insights
  • Twitter analytics
  • Google analytics
Platforms: 

Platform digital ini termasuk; digital marketing, email marketing dan platform sosial media yang memungkinkan anda untuk meningkatkan usaha pemasaran anda. 
  1. Platform Digital Marketing, Sekarang sudah banyak tersedia. Salah satunya adalah produk Operasi Pemasaran Teradata, yang meliputi Manajemen perencanaan & Pengeluaran, Manajemen Alur Kerja & Kolaborasi dan Manajemen Aset Pemasaran.
  2. Platform Email Marketing, Platform email marketing ada sekitar ratusan, namun yang populer dan biasa digunakan hanya ada beberapa diantaranya: 
  • MailChimp
  • Aweber
  • iContact
  • Kirim.Email (untuk Indonesia)

#6. Social Media Marketing

Keberadaan sosial media suda menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern, jika sebelumnya bisnis menganggap fenomena media sosial merupakan tren sesaat yang hanya akan berlalu dalam waktu sekejap, namun saat ini, justru semakin jelas setiap hari bahwa media sosial adalah salah satu alat pemasaran paling kuat yang pernah ada.

Perkembangan sosial media semakin pesat, seiring dengan fungsi dan keberadaanya sosial media membutuhkan pengetahuan yang komprehensif untuk dapat mengoperasikannya. sebagai seorang digital marketer anda harus mempunyai skill agar dapat memahami, mengerti  dan bisa mengopasikan fungsionalitas platform ini yang dapat digunakan dalam otomatisasi sistem pemasaran digital marketing.

#7. Pemasaran Konten / Content Marketing

Pemasaran konten berfokus pada pembuatan dan distribusi konten yang relevan dan berharga, dengan tujuan menarik audiens yang jelas, membangun hubungan jangka panjang dengan mereka dan, pada akhirnya, mengubahnya menjadi pelanggan setia.

Kata kunci yang perlu anda ingat dalam pemasaran konten adalah "relevan", "bertarget" dan "hubungan." anda harus mempunyai pemahaman yang kuat tentang kebutuhan dan minat audiens anda, tanpa pemahaman tersebut anda tidak akan dapat mengembangkan bisnis anda. Paling-paling, anda akan menghasilkan lalu lintas yang kurang berkualitas, bahkan yang terburuk, anda hanya membuang-buang waktu dan sumber daya yang berharga. hanya karena konten yang anda buat salah.

#8. Mobile Marketing

Ponsel sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan semua orang, ini menjadi penting untuk memasukkan strategi 'ponsel pertama' dalam setiap aspek bisnis anda. Anda perlu memiliki Mobile Marketer khusus untuk memahami dan mengelola ruang pemasaran seluler yang dinamis dan menantang.

Bidang pemasaran mobile yang serba cepat dan kompleks semakin menuntut kita untuk bisa mengelola dengan baik, dengan begitu banyaknya data yang tersimpan di ponsel kita dengan pengguna yang berbeda tujuan, kita sebagai marketer harus bisa mengadopsi cara yang berbeda pula untuk bisa menjangkau mereka dengan pesan tertentu.

#9. Viral Marketing

Viral Marketing adalah upaya proses penyampaian pesan yang mampu menghasilkan minat dan potensi penjualan merek atau produk melalui penyebaran informasi dari media sosial, dengan kata lain, dengan cepat, dan dari orang ke orang. Idenya adalah untuk menjadi pengguna sendiri yang memilih untuk berbagi konten.

Situs jejaring sosial merupakan habitat alami untuk jenis pemasaran ini, karena kecepatan dan kemudahannya untuk berbagi. Contoh paling luas belakangan ini adalah pembuatan video emosional, mengejutkan, lucu atau unik di YouTube, yang kemudian dibagikan di Facebook, Twitter, Instagram dan saluran sosial media lainnya. Teknik menciptakan konten yang viral ini harus dimiliki oleh seorang digital marketer.

#10. Visual Marketing

Sebagian besar pemasar tahu bahwa agar dapat meningkatkan keterlibatan (Engagement) dan berbagi (Share) bisa dilakukan hanya jika anda menggunakan visual. Platform sosial media terbesar didunia yaitu facebook memahami ini dengan baik sehingga pada serangkaian penelitian menunjukkan bahwa hingga 100% lebih banyak keterlibatan didorong oleh posting visual di atas teks.

Strategi ini tidak hanya ada di facebook saja. Platform media sosial lainnya seperti Twitter juga menggunakan visual dalam aliran penggunaan gambar sangat efektif untuk mendapatkan keterlibatan sosial. Jeff Bullas pernah mencoba melakukan sedikit tes pada Twitter pribadinya dan ini adalah hasilnya ketika beliau menggunakan visual.
  • Tayangan: Peningkatan persentase dalam "jejak" tweet dengan gambar di atas tweet tanpa substansi adalah 197%.
  • Keterlibatan: Peningkatan persentase untuk “keterlibatan” tweet dengan gambar lebih dari  tweet tanpa tweet adalah 581% mengejutkan 
  • Tingkat keterlibatan: Peningkatan persentase untuk “tingkat keterlibatan” tweet dengan gambar lebih dari tweet tanpa tweet adalah signifikan 111%.
Untuk itulah penguasaan teknik visual dalam strategi pemasaran bagi seorang marketing digital patut dan layak dikuasai.

Berlangganan via Email